Upacara Bendera Bulanan 17 an Dandim 0314/Inhil Diwakili Danramil Bacakan Amanat Pangdam I/BB  

Tembilahan — Kodim 0314/Inhil melaksanakan upacara bendera bulanan 17 an Maret di lapangan Makodim 0314/Inhil, Jum’at,(17/03/2023) pagi.

 

Upacara tersebut dipimpin oleh Dandim 0314/Inhil, Letkol Arh M.Nahruddin Roshid,S.E.,M.Tr.(Han) yang di wakili oleh Danramil 08/Mandah, Kapten Inf Rohadi Handoko , dan bertindak sebagai Komandan upacara Letda Inf Agusturahim dan sebagai perwira upacara Letda Arm Muchazzar dan Pembacaan UUD 1945, Sertu Surahman serta Pengucap Sapta marga, Serda Suratno.

 

Dalam amanatnya kapten Inf Rohadi Handoko membacakan Amanat Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin,S.E.,M.Si, marilah terlebih dahulu kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang maha esa Yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga pada pagi hari ini dapat mengikuti upacara bendera 17-an pada bulan Maret tahun 2023 dalam keadaan sehat walafiat.

 

“Alhamdulillah provinsi Sumatera Utara didukung Polda Sumatera Utara dan Kodam l/Bukit Barisan telah sukses menjadi tuan rumah event internasional F1H20 yang diselenggarakan pada tanggal 25-26 Februari 2023 yang lalu di Balige,” cetusnya.

 

“Hal ini merupakan suatu kehormatan bagi kita, oleh karena itu saya selaku Pangdam l/ Bukit Barisan dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam l/Bukit Barisan yang terlibat langsung maupun tidak langsung,” sambungnya.

 

Enam hari lagi akan memasuki bulan suci Ramadan 1444 hijriah, bulan yang penuh berkah bagi umat Islam, Sehubungan dengan hal tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin,S.E.,M.Si, mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada prajurit dan PNS kodam l/ Bukit Barisan yang beragama Islam di manapun berada dan bertugas.

 

Jadikan ibadah puasa sebagai sarana intropeksi diri dan mendekatkan diri kepada yang maha pencipta baik secara pribadi maupun kedinasan.

 

“Untuk kita ketahui bersama bahwa pada tanggal 4 Maret 2023 yang lalu telah dilaksanakan rapat pimpinan Kodam l/ Barisan, di mana telah disahkan program kerja dan anggaran Kodam l/Bukit Barisan tahun 2023,” imbuhnya.

 

Di samping itu juga telah disahkan pokok-pokok kebijakan Pangdam l/Bukit Barisan tahun 2023 yang berisi tentang program prioritas dan pokok-pokok kebijakan pembinaan, yang meliputi : bidang pengamanan, bidang operasi, bidang personil, bidang logistik, bidang teritorial, bidang perencanaan dan anggaran serta bidang pengawasan.

 

“Belum lama ini adanya dua kejadian penyerangan kepada prajurit TNI di wilayah Kodim 0204/Deli Serdang. Ini menunjukkan kekurangan nya kewaspadaan, kurang peka terhadap situasi yang dihadapi, perlu dianalisa mendalam dan dievaluasi. Juga masih ditemukan anggota yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba baik sebagai pemakai maupun sebagai pengedar, setelah diselidiki ternyata pelakunya masih pemain lama. Menyikapi hal tersebut di atas, perlu adanya suatu upaya yang terus-menerus dilakukan oleh para dansat melalui kegiatan pembinaan mental fungsi komando. Upaya ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran bagi prajurit sehingga mengerti dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional yang memegang teguh Sapta marga sumpah Prajurit dan 8 wajib TNI,” tandasnya.

 

Menyikapi penyerangan terhadap prajurit TNI khususnya Babinsa. Pangdam I/BB Mayjen TNI A. Daniel Chardin,S.E.,M.Si, selalu mengingatkan agar selalu peka dan waspada serta bergerak di sistem, melindungi, bila ada persoalan di lapangan pahami 5 aspek Medan, Medan kritik, lapangan tinjau lapangan tembak, lindung tinjau lindung tembak, jalan pendekat dan rintangan. Harus bersiap hadapi segala kemungkinan,kemampuan dan batas kemampuan yang dimiliki.

 

Para Babinsa harus tetap profesional dan proporsional jadi prajurit petarung dan insan teritorial yang tanggap, tanggon dan tringginas, harus peka dan antisipasi siap hadapi segala kemungkinan di wilayah bila perlu minta bantuan perkuatan, jangan gentar dan bila terjebak dalam situasi satu kata”Lawan”dengan apapun, siapapun dia jika menginjak-injak harga dirimu selama kamu benar”Sikat saja”

 

“Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang maha pengasih dan maha penyayang senantiasa memberikan bimbingan dan lindungannya kepada kita semua dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada Kodam l/Bukit Barisan,” pungkasnya.

Previous articleBabinsa Air Tawar Serda Fetter Komsos dengan Warga Kampung Pancasila
Next articleKodim 0314/Inhil Selenggarakan Rapat Tahunan PRIMKOPKAR Tutup Buku Tahun 2022