Lomba Ketangkasan Baris Berbaris LKBB di lapangan Balai Pemuda dan Olahraga Tanjungbatu
Lomba Ketangkasan Baris Berbaris LKBB di lapangan Balai Pemuda dan Olahraga Tanjungbatu

Kundur News – Tanjungbatu – Dalam rangka menyambut hari Sumpah Pemuda ke 89, UPTD Pendidikan Kundur menggelar Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB). Kegiatan tersebut dilaksanakan dilapangan Balai Pemuda Seni dan Budaya Tanjungbatu 25 – 26 November 2017.

Kepala UPTD Pendidikan Kundur Sri Rahayu Kusrianti mengatakan, LKBB yang diselenggarakan itu merupakan satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka pringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang jatuh pada 28 Oktober 2017 mendatang.

Sri Rahayu Kusrianti menyebutkan sebanyak 25 regu SD dan sebanyak SMP/MTs dan SMA/MA yang ada di Pulau Kundur mengikuti perlombaan.

“Lomba seperti ini adalah bagian dari usaha untuk lebih meningkatkan jiwa nasionalisme dan rasa disiplin siswa. Dengan belajar berbaris dan upacara yang benar, maka siswa juga akan tahu bagaimana cara hidup disiplin,” jelas dia.

Sri Rahayu Kusrianti menjelaskan, setiap peserta lomba wajib memperagakan beberapa gerakan secara benar dalam baris-berbaris. Gerakan yang diujikan oleh dewan juri antara lain adalah gerakan dari berhenti menuju berjalan, berjalan menuju berjalan, serta berjalan menuju berhenti.

“Saya selama ini memandang, tidak sedikit dari siswa yang belum memahami aturan itu, “ujarnya.*