Anambas – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Riau (Kepri), Marlin Agustina bersama Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris menutup perhelatan akbar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke IX tingkat Provinsi Kepri yang telah diselenggarakan di Masjid Agung Baitul Makmur Tarempa, Rabu (20/7/2022).

Malam penutupan MTQ ke IX ini tampak berlangsung dengan meriah dan ramai dikunjungi oleh para pengunjung dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas yang antusias dalam acara perhelatan tersebut.

Acara tersebut dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh pemenang MTQ ke IX tingkat Provinsi Kepri, selanjutnya dilakukan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Kepulauan Anambas, Erizal. Setelah pembacaan ayat suci Al-Quran dan pembacaan doa, acara dilanjutkan dengan penampilan Rojer Kajol asal Malaysia yang membawakan lagu melayu bernuansa Islami.

Dalam sambutannya, Abdul Haris menyampaikan selamat datang kepada para tamu undangan dan juga masyarakat yang hadir dalam mengunjungi acara penutuan MTQ ke IX. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan MTQ ini.

“Terimakasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir dalam acara penutupan MTQ ini, juga kepada seluruh unsur yang terlibat dalam suksesnya perhelatan ini dari awal hingga akhir,” ucap Abdul Haris.

Abdul haris juga mengatakan, acara MTQ ini merupakan salah satu ajang mempererat silaturahmi kepada seluruh Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepri. Sebagai tuan rumah, pihaknya selalu mengupayakan yang terbaik kepada para peserta MTQ dan juga masyarakat, meskipun tidak luput dari kesalahan.

“Kami sebagai tuan rumah selalu mengupayakan yang terbaij kepada tamu kita, terlebih lagi kepada para peserta MTQ, karena acara MTQ ini bukan hanya sekedar perlombaan, melainkan sebuah penanaman nilai-nilai Quran, juga sebagai ajang mempererat silaturahmi kita antara Kabupaten Kota yang ada di Kepri, kami juga meminta maaf jika ada kesalahan sebagai tuan rumah, karena pada dasarnya manusia itu tidak luput dari kesalahan,” katanya.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan putusan dari ketua dewan hakim terkait pemenang lomba MTQ ke IX tingkat Provinsi Kepri, yang mana dalam hal ini, pemenang juara umum didapatkan oleh Kota Batam, disusul oleh Kabupaten Kepulauan Anambas di peringkat ke dua dan Kabupaten Karimun peringkat ke tiga, dilanjutkan oleh penyerahan piala secara simbolis kepada para pemenang oleh para pemangku jabatan di Anambas dan Kepri.

Diwaktu yang sama, Marlin Agustina juga menyampaikan pidatonya sekaligus menutup secara resmi MTQ ke IX tingkat Provinsi Kepri. Dirinya mengatakan, Kepada peserta yang belum berhasil pada tahun ini agar jangan kecewa apalagi sampai berputus asa. Karena salah satu dari tujuan pelaksanaan MTQ ini adalah untuk memantapkan nilai agama di tengah masyarakat dan mengembangkan pendidikan Al-Qur’an di masyarakat. Sehingga suksesnya MTQ ini akan ditandai dengan adanya dampak berupa pembentukan mental dan karakter yang mewarnai perilaku manusia di tengah masyarakat.

“Kepada para eserta MTQ yang belum mendapatkan hasil yang baik untuk tidak berputus asa, teruslah belajar dan berusaha dengan lebih giat lagi untuk mempelajari Al-Qur’an dari segala disiplin ilmu yang ada, sehingga mudah-mudahan pada masa mendatang akan memperoleh kerberhasilan dan kesuksesan dengan lebih baik lagi dari saat ini,” kata Marlin Agustina.

Dia juga berharap kepada pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kepri, untuk terus menerus meningkatkan serta berupaya melakukan pembinaan dan pelatihan yang berkesinambungan terhadap masyarakat, khususnya kepada generasi muda, agar gemar untuk mempelajari, mendalami, menghayati dan lebih mencintai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami mengharapkan kepada pengurus LPTQ Provinsi Kepri agar benar- benar mempersiapkan duta-duta yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau pada MTQ Ke- XXIX Tingkat Nasional Tahun 2022 yang Insya Allah akan diselenggarakan di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, sehingga diharapkan dapat memberikan prestasi yang terbaik, agar dapat mengharumkan nama Provinsi Kepulauan Riau di tingkat nasional,” harapnya.

Dalam kesempatan yang baik ini pula, Marlin Agustina tidak lupa secara khusus memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara dan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam MTQ ini, karena telah bekerja keras dengan penuh keikhlasan demi suksesnya penyelenggaraan MTQ ke IX kali ini.

“Terima kasih juga kami sampaikan dengan penuh kebanggaan kepada seluruh Dewan Hakim dan tim pengawas, panitera MTQ Provinsi Kepulauan Riau dan Dewan Juri Perlombaan Lainnya, yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, serta para hadirin pecinta Al-Qur’an yang telah mengikuti kegiatan ini, mulai dari awal sampai akhir penutupan ini,” ucap Marlin.*

Previous articleDiduga Jatuh Dari Tangga, Seorang Guru Kongfu Ditemukan Tak Bernyawa