ANAMBAS – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VII tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Hj Marlin Agustina Kamis (11/03/22).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Marlin didampingi Bupati KKA, Abdul Haris.

Pelaksanaan MTQ berlangsung mulai dari 7 sampai dengan 11 Maret 2022 di Kecamatan Siantan.

Perhelatan MTQ tersebut diawali dengan pelepasan 500 kafilah dari 10 kecamatan di Anambas, yang mengikuti Pawai Taaruf dengan rute dari jalan Patimura ke jalan Hangtuah lalu melewati jembatan Selayang Pandang II menuju Masjid Agung Baitul Makmur.

Dengan mengusung tema “Kembali kita Gaungkan Semangat Belajar dan Membaca Al-Quran kepada Masyarakat Guna Menciptakan Generasi Muda yang Berakhlakulkarimah Menuju Anambas yang Madani, Baldatun, Thayyibatun Wa Robbun Ghogur”.

BACA :  (Foto) Penutupan Kegiatan MTQ Tingkat Kecamatan Jemaja

Dalam sambutan, Marlin Agustina mengapresiasi Pelaksanaan MTQ ke VII tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2022 ini, yang telah mempersiapkan dengan matang.

“Saya atas nama Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan apresiasi dan penghargaan tiada terhingga atas pelaksanaan MTQ ini, mudah-mudahan apa yang kita inginkan bisa berjalan dengan lancar dan terwujud serta menciptakan anak yang qurani berakhlak mulia,” ucapnya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat menerima piala bergilir MTQ
Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris saat menerima piala bergilir MTQ

Istri dari Walikota Batam, M. Rudi itu, menekankan kepada setiap daerah harus punya SDM tersendiri dan siap mendukung bagi peserta yang mengikuti perlombaan di tingkat provinsi maupun nasional.

BACA :  Sebanyak 11 Stand Bazar Ikut Memeriahkan MTQ Kabupaten Kepulauan Anambas ke VII

“Kami sebagai Ketua LPTQ Provinsi Kepulauan Riau siap mendukung, apabila memang diperlukan untuk pengembangan SDM yang ada di daerah, karena bagaimanapun ini tidak bisa dilepaskan dari SDM yang ada untuk ikut peserta di tingkat provinsi maupun nasional nantinya,” ujarnya.

Selain membuka perhelatan MTQ ini, Marlin juga memantau langsung persiapan MTQ ke 9 tingkat Provinsi Kepri di Kabupaten Kepulauan Anambas yang dijadwalkan pada bulan Juni mendatang.

“Insha Allah di bulan Juni akan diadakan MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Kepulauan Anambas, saya akan datang lagi melihat kesiapan untuk mendukung pelaksanaan tersebut,” kata dia.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris dalam sambutanya menyampaikan, tahun 2022 ini Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke IX tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

BACA :  Bupati Buka MTQ Ke-VII Tingkat Kecamatan Palmatak Kabupaten Kepulauan Anambas

Kata Dia, pelaksanaan MTQ pada bulan Juni mendatang direncanakan akan diselenggarakan pada siang hari, agar para tamu dan keenam kabupaten yang hadir nantinya bisa menikmati keindahan kota Anambas.

“Pada MTQ tingkat provinsi nanti, rencananya kita akan menggelar pada tanggal 6 Juni dan mengusulkan kepada pak Gubernur, supaya pembukaannya pada siang hari,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Abdul Haris juga menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah melakukan program membaca dan menghatam Al Quran bersama OPD dan Instasi Vertikal setiap bulan, yakni Magrib mengaji setiap malam kamis.*

Previous articleTiga Bulan Tak Terima Gaji, Ribuan Honorer SMA, SMK dan SLB Menjerit
Next articlePemerintah Kabupaten Asahan Gelar Peringatan Isra Mi’raj 1443 H/2022 M