panen padi desa Gemuruh
panen padi desa Gemuruh

Karimun – Wakil Bupati (Wabup) Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), H. Anwar Hasyim. M,Si melakukan panen padi perdana sawah seluas 20 Ha, di Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Senin (21/10/2019).

Kegiatan panen itu, Wabup Karimun didampingi Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Dinas Pertanian dan Kehutanan, Dinas Pekerjaan Umum, Barenlitbang, Kabag Humas, Kabag Tapem, Kabag Perlengkapan, Camat Kundur Barat dan Lurah beserta staf.

Dalam sambutannya, Wabup Karimun mengucapakan selamat sekaligus memberi apresiasi kepada para kelompok tani.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Karimun, saya ucapkan selamat dan apresiasi serta penghargaan atas terselenggaranya panen padi perdana pada hari ini,” ungkap Wabup Karimun, H. Anwar Hasyim.

Dikatakan Anwar Hasyim, petani tidak bisa bekerja sendiri tanpa dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat. Pemerintah daerah akan selalu memberikan anggaran kepada pemerintahan desa dan dilanjutkan ke masyarakat yang digunakan tidak hanya berbentuk jalan dan bangunan, tetapi juga bentuk-bantuan lainnya termasuk peningkatan sumber daya manusia para petani.

“Peningkatan sumber daya manusia sangat penting demi memajukan para peteni ke depan. Mari kita tingkatkan kebersamaan antara sesama kelompok tani di Pulau Kundur ini. Dan kepada kepala desa agar dapat memberikan pelatihan bagi petani agar petani di Kabupaten Karimun akan semakin baik,” imbau Wabup Anwar Hasyim.

Anwar hasyim meminta kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Karimun untuk selalu turun ke lapangan melihat secara langsung kondisi para petani di Kabupaten Karimun, khususnya di Desa Gemuruh, Kecamatan Kundur Barat ini.

Dan kepada Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Kabupaten Karimun diharapkan juga agar dapat mendukung pemasaran beras yang telah dipanen para petani.

Wabup Karimun berharap, apa yang telah didapatkan pada hari ini adalah sebagai kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari, dan ini juga sebagai ajang motivasi bagi masyarakat yang lainnya. “Semoga panen padi ini terus menerus dapat berjalan setiap tahunnya,” harap Wabup Karimun.

Kepada kelompok tani, sambungnya, para petani akan menjadi handalan bagi Kabupaten Karimun. Untuk itu, apa yang menjadi kebutuhan kelompok tani agar dibuat pengajuan kepada instansi terkait melalui kepala desa setempat..*