Jumat Curhat yang dilakukan Polsek Tanjungbalai Karimun di Teluk Air Kecamatan Karimun, Jumat (3/3)

KARIMUN – Masih banyaknya sepedamotor menggunakan knalpot racing dan muda mudi yang nongkrong larut malam di Coastal Area, menjadi fokus masyarakat Kelurahan Teluk Air Kecamatan Karimun, dalam mengikuti agenda Jumat Curhat, yang digelar Polsek Tanjungbalai Karimun, Jumat (3/3).

Sebagaimana disampaikan oleh salah seorang warga bernama Mansyur, ia mengeluhkan kawasan Coastal Area menjadi lokasi tongkrongan anak muda yang tidak kenal waktu atau sampai larut malam.

“Selain itu masih banyak yang menggunakan knalpot racing, dengan suara bising sangat mengganggu masyarakat,” kata Mansyur.

Menanggapi hal itu, Kapolsek Tanjungbalai Karimun, Kompol Edy Wiyanto menyebutkan bahwa Polsek Tanjungbalai Karimun rutin melaksanakan patroli, sehingga jika menemukan terhadap apa yang dikeluhkan masyarakat, maka akan diberikan himbauan kepada para pemuda yang nongkrong sampai larut malam, agar menjaga ketertiban.

“Termasuk juga kepada pemilik sepedamotor yang menggunakan knalpot racing tidak sesuai peruntukannya, supaya diganti sehingga tidak menimbulkan kebisingan, yang dapat menggangu kenyamanan masyarakat,” kata Edy Wiyanto.

Edy Wiyanto juga menghimbau kepada masyarakat khususnya para orang tua, agar memberikan pemahaman kepada anak-anak supaya tidak keluyuran hingga larut malam, apa lagi dengan tujuan yang tidak jelas bahkan menggunakan sepedamotor sampai larut malam.

“Maka dalam hal ini kami juga mengingatkan masyarakat, agar selalu menggunakan sepedamotor sesuai dengan standard, tidak memodifikasi dengan menggunakan knalpot bersuara bising. Berkendaralah dengan tertib hindari pelanggaran lalulintas,” imbuh Edy Wiyanto.

Dia juga mengharapkan kepada masyarakat, jika mengetahui adanya suatu tindak pidana apalagi narkoba, agar tidak segan-segan untuk mengimformasikan kepada Polsek Tanjungbalai Karimun, ke Polres Karimun baik melalui media centre yang ada di penjagaan melalui Call Centre 110.

“Kami selalu siap dan langsung menanggapinya, jika yang dilaporkan membutuhkan proses maka kami akan menyampaikan perkembangan prosesya,” sebut Edy Wiyanto lagi.

Dia juga menyebutkan, kegiatan Jumat curhat juga dilaksanakan secara serentak, di seluruh Indonesia baik Polres maupun Polsek jajaran. Sehingga dalam kesempatan tersebut Edy Wiyanto turut didampingi oleh Ps. Kanit Binmas Polsek Balai AIPTU Hambali Waluyo, Panit Yanmin Intelkam Aipda Maulana, Kanit Provost dan Kasium Polsek Balai. Turut serta dihadiri oleh tokoh masyarakat, para ketua RT, RW dan warga.(*)