waspadai-6-gejala-serangan-jantung-yang-tersembunyi

 

 

Kebanyakan orang yang terkena serangan jantung selalu mengalami gejala yang umum terjadi seperti sakit pada dada, keringat dingin, dan rasa lelah yang berlebihan. Namun selain gejala tersebut, ada juga gejala serangan jantung yang tak banyak terdeteksi dan tersembunyi.

Gejala yang samar ini seringkali tak disadari hingga keadaan menjadi terlambat dan seseorang sudah terkena serangan jantung. Kebanyakan yang sering mengalami gejala tersembunyi ini adalah wanita dan orang yang memiliki diabetes.

Berikut adalah beberapa gejala serangan jantung yang tersembunyi, seperti dilansir oleh Health Me Up (25/02).

1. Lelah
Kelelahan adalah salah satu gejala serangan jantung yang tersembunyi, dan biasanya sering dialami oleh wanita. Ketika seseorang akan mengalami serangan jantung, akan ada sedikit aliran darah yang menuju ke jantung. Ini akan memberikan tekanan ekstra pada otot jantung dan menyebabkan kelelahan pada banyak orang. Jika Anda sering mengalami kelelahan yang berlebihan, bahkan ketika tak melakukan banyak aktivitas, coba cek kesehatan jantung Anda.

2. Tak nyaman pada leher, rahang, dan tenggorokan
Rasa tak nyaman pada leher, tenggorokan, dan rahang bisa terjadi ketika seseorang mengalami radang, batuk, atau sakit gigi. Namun jika ini terjadi tanpa alasan jelas dan rasa sakitnya cukup ekstrem, sebaiknya waspadalah. Bisa jadi ini mengindikasikan adanya serangan jantung. Segera hubungi dokter Anda.

3. Masalah perut
Beberapa gejala serangan jantung yang seringkali disalahartikan sebagai masalah kesehatan lain adalah ketika terjadi masalah pada perut. Salah satu gejala serangan jantung adalah masalah perut seperti pusing, mual, dan tak nyaman pada lambung.

4. Mulas
Jika Anda sering merasa mulas ketika habis makan, jangan khawatir. Namun jika Anda sering mulas tanpa ada kaitannya dengan makanan, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Rasa sakit di dada yang hampir mirip dengan rasa terbakar dan mulas pada perut bisa disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung dan bisa memicu serangan jantung.

5. Kehabisan napas
Jika aktivitas normal seperti naik turun tangga dan membawa tas yang tak terlalu berat membuat Anda mudah kehabisan makan, periksakan diri ke dokter segera. Kehabisan napas saat baru bangun tidur juga menunjukkan adanya masalah pada kesehatan jantung Anda.

6. Nyeri pada punggung, lengan, dan dada
Nyeri pada punggung, lengan, dan dada yang tiba-tiba dan tak memiliki alasan juga bisa menjadi salah satu tanda adanya masalah dengan kesehatan jantung.

Itulah beberapa gejala tersembunyi yang bisa terjadi pada seseorang ketika akan mengalami serangan jantung. Jika Anda mengalami gejala di atas, jangan abaikan. Segera periksakan diri ke dokter.

 

 

 

http://www.merdeka.com/sehat/waspadai-6-gejala-serangan-jantung-yang-tersembunyi.html