calon_bintara_dan_taruna_kepri
Calon Taruna Bintara AAL saat diberikan pengarahan.

Kundur News – TANJUNGPINANG – Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Kolonel Laut (P) Ribut Eko Suyatno SE, MM meminta kepada seluruh calon bintara dan taruna di TNI AL Tanjungpinang untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti seleksi.

Pesan itu disampaikan dihadapan 321 calon bintara dan 33 orang calon taruna dan bintara Akademi Angkatan Laut (AAL) di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Jumat (12/5).

Menurut Suyatno, dalam rekrutmen para calon prajurit taruna maupun bintara TNI AL yang unggul, tentunya semuanya akan melewati tahapan seleksi atau standar yang sesuai dengan persyaratan.

“Para calon taruna dan bintara harus menyiapkan diri sebaik-baiknya, karena proses seleksi calon diperlakukan sama, yakni transparan dan obyektif karena kita akan mencari calon prajurit TNI AL terbaik diantara yang baik,” ucap Suyatno.

Sedangkan tahapan seleksi atau tes yang akan dilalui calon prajurit meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan pertama dan kedua, samapta, psikologi pertama dan dua, mental idiologi, rikmin tahap akhir dan pantukhir daerah. Jika calon dinyatakan lulus seleksi daerah, maka selanjutnya akan dikirim ke Malang Jawa Timur untuk mengikuti seleksi tingkat pusat.

“Perlu saya pertegas bahwa selama pelaksanaan seleksi, para calon tidak dipungut biaya apapun dan bagi calon prajurit yang berdomisili di luar wilayah Tanjungpinang atau berasal dari pulau-pulau wilayah Provinsi Kepri akan disiapkan mess di Makolantamal IV Tanjungpinang secara gratis. Itu berlaku selama proses seleksi berlangsung,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Suyatno mengingatkan kepada para calon jangan mudah terpengaruh ataupun diiming-imingi oleh siapapun selama mengikuti proses seleksi. “Kalau ada yang coba-coba membantu agar lulus seleksi abaikan saja. Bila perlu laporkan kepada saya sebagai ketua Panda Daerah Tanjungpinang. Sebab lulus atau tidaknya kalian itu tergantung dari usaha dari diri sendiri,” ucapnya.

Sementara untuk animo masyarakat Kepri yang ingin mengikuti seleksi taruna dan bintara tersebut dinilai mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.*