Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta pada acara Student Day Fakultas Peternakan Universitas Udayana di Kampus Fakultas Peternakan UNUD, Jimbaran, Kamis (24/8).
Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta pada acara Student Day Fakultas Peternakan Universitas Udayana di Kampus Fakultas Peternakan UNUD, Jimbaran, Kamis (24/8).

Kundur News – Denpasar – Para akademisi yang berada di perguruan tinggi di Bali diminta untuk bersinergi dan berperan dalam pengembangan sektor peternakan. Peran yang diharapkan berupa menghasilkan riset-riset yang hasilnya bisa ditindaklanjuti pemerintah untuk meningkatkan kualitas peternakan di Bali.

Harapan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta saat menjadi pembicara pada acara Student Day Fakultas Peternakan Universitas Udayana di Kampus Fakultas Peternakan UNUD, Jimbaran, Kamis (24/8).

Sudikerta menyampaikan meski Sapi Bali terkenal namun belum mampu memberikan manfaat terhadap peternak karena nilai tukarnya yang rendah. Tak heran jika anak muda tak memiliki minat menjadi peternak, ia menambahkan. Mantan Wakil Bupati Badung ini juga menyayangkan masih ada yang memelihara Sapi Bali sembarangan seperti dengan meliarkannya di TPA Suwung. Oleh karena itu pihaknya bersama dengan pemerintah pusat dan kabupaten/kota berniat menertibkan hal itu.

Terkait dengan program Pemprov Bali di bidang peternakan, salah satunya adalah program Simantri. Ia berharap akademisi, khususnya UNUD bisa berkontribusi baik melalui riset ataupun lainnya untuk membantu meningkatkan kualitas program Simantri. Apalagi tujuan Simantri adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak, imbuhnya. “Adakan riset dan hasilnya berikan ke kami untuk kami tindaklanjuti dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” harap Sudikerta

Ketua Panitia Student Day 2017 Pande Putu Yudha Hendriana mengatakan sebanyak 125 mahasiswa baru mengikuti kegiatan yang dilangsungkan tanggal 24 sampai 26 Agustus 2017 ini. “Tujuannya untuk mengubah pandangan dari siswa menjadi mahasiswa serta mengenalkan keorganisasian yang ada di fakultas,” katanya.

Diakhir acara dilakukan penyerahan cinderamata dari Dekan Fakultas Peternakan UNUD Dr. Ir. Ida Bagus Gaga Partama, MS. kepada Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta.*