Gubernru Kepri Ansar Ahmad saat menghadiri halal bihalal warga Karimun di Jakarta, Minggu (5/6)

JAKARTA – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menghadiri halal bihalal warga Kabupaten Karimun yang bermukim di Jakarta, disejalankan dengan pelantikan pengurus Kerabat Kabupaten Karimun Jakarta (K3J), di Gedung BPSDM Kemendagri Kalibata Raya Jakarta Selatan, Minggu (5/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Ansar Ahmad mengajak masyarakat Kabupaten Karimun dimanapun berada termasuk yang tinggal di Jakarta, agar dapat mendukung dan sama-sama mendoakan semoga upaya Pemprov Kepri dalam menciptakan pemerataan ekonomi, dan pembangunan infrastruktur diseluruh Kepri dapat berjalan lancar.

“Melalui momen halal bihalal dan silaturahmi ini, saya mengajak seluruh masyarakat dapat memberikan support dengan doa terbaiknya. Semoga Kabupaten Karimun dan seluruh wilayah di Provinsi Kepri dapat semakin maju,” pinta Ansar Ahmad.

Dalam kesempatan itu Ansar Ahmad juga menjelaskan kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang bermukim di Jakarta, bahwa ditargetkan tahun 2023 nanti atau paling lambat awal tahun 2024, Kabupaten Karimun sudah bisa dilandasi pesawat ukuran besar atau jenis Boeing 737.

“Untuk sementara bandara RHA di Kabupaten Karimun baru bisa digunakan pesawat yang berukuran kecil, karena landasan pacunya baru 1600 meter. Masih kurang, makanya kita masih terus menggesa agar target ini bisa tercapai,” jelas Ansar.

Jika akan dilandasi pesawat jenis Boeing 737, minimal landasan pacu bandara RHA Kabupaten Karimun sudah harus mencapai 2000 meter.

Perlunya dikembangkan Kabupaten Karimun saat ini, karena masuk sebagai kawasan Free Trade Zone (FTZ) yang mencakup wilayah Kundur.

“Fasilias bandara yang lebih layak tentu akan menjadi pendobrak dalam peningkatan ekonomi di Kabupaten Karimun,” kata Ansar Ahmad.

Sebagai upaya yang telah dilakukan, Pemprov Kepri telah menghibahkan APBD Provinsi Kepri kepada Pemkab Karimun sebesar Rp10 Miliar, untuk pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai penambahan landasan pacu.(*)