Home Riau INHIL Babinsa 02/TM Laksanakan Patroli Karhutla di Wilayah Kecamatan Enok 

Babinsa 02/TM Laksanakan Patroli Karhutla di Wilayah Kecamatan Enok 

0
Babinsa 02/TM Laksanakan Patroli Karhutla di Wilayah Kecamatan Enok 

Tanah Merah — Bintara pembina desa (Babinsa) Kodim 0314/Inhil, wilayah Koramil 06/Kateman, Kabupaten Indragiri Hilir, Serda Darno melaksanakan patroli untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah wilayah kecamatan Enok, pada Ahad (29/01/2023) pagi.

 

“Babinsa melibatkan pihak desa bersama-sama melakukan patroli mengantisipasi Karhutla karan sekarang musim kemarau,” kata Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim.

 

Disampaikan Danramil, selain melakukan patroli, Babinsa juga rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dampak Karhutla.

 

Hal tersebut juga sesuai perintah pimpinan di jajaran Kodim 0314/Inhil, agar masing-masing Koramil dapat lebih peka terhadap situasi di lapangan.

 

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya Karhutla juga perlu kesadaran masyarakat, terutama dalam membuka lahan pertanian dengan cara dibakar dan juga adanya lahan gambut untuk di Kecamatan Enok.

 

“Karhutla bisa terjadi tidak hanya saat musim berladang, tetapi ada beberapa penyebab lainnya seperti membakar sampah di lahan gambut atau juga bisa melalui puntung rokok, apalagi saat ini musim kemarau,” jelasnya.

 

Dia mengatakan hingga saat ini belum terjadi Karhutla, namun patroli dan sosialisasi itu sebagai upaya antisipasi