Teluk Belengkong — Seorang Babinsa Koramil 06/Kateman (KTM) yang dipimpin oleh Praka Riski Amanda BB kembali menyambangi daerah binaannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

 

Di mana, kehadiran para personil Koramil 06/Kateman ini adalah dalam rangka mengantisipasi adanya titik api akibat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) dengan meningkatkan patroli dan sosialisasi kepada warga masyarakat.

 

Dan kali ini babinsa Praka Riski Amanda BB bersama dengan masyarakat langsung melakukan patroli didaerah desa Kelapa Pati Jaya kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, provinsi Riau, Jum’at (12/5/2023) pagi.

 

Selain menyasar semak belukar, Babinsa juga memberikan himbauan dan pesan kamtibmas pada warga masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing, sehingga situasi tetap aman dan kondusif.

 

“Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di desa-desa rawan karhutla,” kata Dandim 0314/Inhil Letkol Arh M Nahruddin RoshidS.E.,M.Tr.(Han) melalui Batituud Koramil 06/Kateman Sertu Jonni Pasaribu.

 

“Sedangkan tujuannya adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah,” ujarnya.

 

Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu, dengan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan.

 

Batituud Koramil 06/KTM juga selalu memberikan pesan dan ajakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. ” Biasanya disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli.