Home Riau INHIL Babinsa Serda Darno Bersama Warga Binaan Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

Babinsa Serda Darno Bersama Warga Binaan Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

0
Babinsa Serda Darno Bersama Warga Binaan Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla 

Enok  — Upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus dilakukan oleh para Babinsa Koramil 02/Tanah Merah jajaran Kodim 0314/Inhil, Serda Darno dengan meningkatkan kegiatan patroli bersama masyarakat peduli api wilayah Desa Suhada, kecamatan Enok kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (26/4/2023) pagi.

 

Sasaran patroli Karhutla dengan titik Koordinat:0°31’12,901″S,103°07,,509″E 64,10m, sekaligus sosialisasi kali ini adalah lahan yang dianggap rawan terjadinya Karhutla yang tumbuhi rumput ilalang yang sangat mudah sekali terbakar pada musim kemarau.

 

“Sasaran ini kita anggap rawan dari Kebakaran Hutan dan Lahan,” kata Serda Darno.

 

Ia mengatakan selain melaksanakan patroli di wilayah yang dianggap rawan terjadinya kebakaran, para Babinsa Koramil 02/Tanah Merah juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk berhenti membakar hutan.

 

Babinsa juga mengajak warga untuk ikut berperan aktif dan turut serta dalam menjaga dan mencegah terjadinya kebakaran.

 

Dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini peran masyarakat sangat diperlukan dengan cara tidak membakar hutan saat akan membuka lahan perkebunan baru.

 

“Patroli dan sosialisasi karhutla ini intinya bertujuan mengajak masyarakat setempat untuk menjaga serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di desa binaan,” ucapnya.

 

Babinsa Juga menyampaikan kepada warga akan bahaya apabila terjadi karhutla dengan menjelaskan tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.