Home Riau INHIL Babinsa Tunggal Rahayu Jaya Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan 

Babinsa Tunggal Rahayu Jaya Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan 

0
Babinsa Tunggal Rahayu Jaya Laksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di Wilayah Binaan 

Teluk Belengkong — Tanpa lelah untuk memastikan wilayah binaan agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bintara Pembina Desa (Babinsa) anggota komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kateman, Praka Raja Oloan Sihotang melaksanakan kegiatan patroli bersama warga.

 

Untuk diketahui kegiatan patroli Karhutla kali ini bersama dengan masyarakat binaan bertempat di desa Tunggal Rahayu Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), pada Jum’at (9/12/2022) pagi.

 

“Hari ini saya bersama-sama dengan masyarakat untuk melakukan patroli dan Sosialisasi Karhutla, untuk memastikan wilayah desa Tunggal Rahayu Jaya tidak ada terjadinya kebakaran lahan pertanian maupun perkebunan masyarakat,” kata Praka Raja Oloan Sihotang kepada awak media.

 

Dia juga mengatakan bahwa, patroli merupakan salah upaya untuk mencegah terjadinya kebakaran, karena langsung turun ke lokasi baik Perkebunan maupun hutan-hutan yang dianggap paling rawan terjadinya Kebakaran.

 

“Dengan kita turun langsung menyisir tempat-tempat yang rawan terjadinya Karhutla, jelas sangat efektif karena mengetahui langsung kondisi wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kebakaran,” tandasnya.

 

Selain itu juga, dia memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan membakar lahan dengan cara disengaja untuk membuka lahan-lahan pertanian baru.

 

“Pemahaman agar tidak membuka lahan-lahan pertanian dengan cara membakar kepada masyarakat itu penting. Karena sebagian besar masyarakat tidak paham, dan masih mengikuti gaya lama main bakar saja sehingga cepat bisa digunakan lahan tersebut untuk bercocok tanam, itulah harus sering-sering memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga mereka tau bahwa mambakar sangat dilarang keras oleh pemerintah,” jelasnya.

 

Terakhir dikatakannya, dalam pelaksanaan patroli dan Sosialisasi Karhutla di wilayah binaan dalam keadaan aman dan terkendali dan tidak ada ditemukan titik hotspot.

 

“Mudah-mudahan terus seperti ini sehingga tidak ada ditemukan titik api di daerah desa Tunggal Rahayu Jaya, dan khususnya wilayah teritorial Koramil 06/Kateman,” tutupnya.