Kundur News.

Situs wisata terbesar di dunia TripAdvisor menetapkan Pulau Bali sebagai pulau untuk tujuan wisata terbaik di Asia. Dengan begini, Bali berada di posisi teratas di antara sembilan pulau lainnya di Asia.

“Penghargaan itu ditentukan dengan menggunakan algoritma yang menghitung kuantitas dan kualitas ulasan dan peringkat untuk hotel, restoran dan atraksi di pulau-pulau di seluruh dunia Penilaiannya diukur selama 12 bulan berdasarkan ulasan dan pengakuan wisatawan,” ujar Janice Lee Fang, Direktur Komunikasi Asia Pasifik TripAdvisor, Jumat (22/4/2016).

Janice mengatakan, Pulau-pulau di Asia, termasuk Bali, telah lama menjadi tujuan wisata favorit karena keindahannya bagi turis dunia secara global. Bali, kata dia, layak dijadikan tujuan wisata terbaik se Asia. Semua komponen yang disukai wisatawan dunia ada di sana. Hotel, restoran, atraksi-atraksi wisata, semuanya masuk kategori fantastis.

Selain Bali, Lombok dan Gili Trawangan pun masuk ke dalam 10 pulau sebagai destinasi wisata terbaik di Asia. Hal ini pun diapresiasi oleh Kementerian Pariwisata.

“Bali, Lombok dan Gili Trawangan adalah contoh terbaik sebagai tujuan yang bagus untuk dikunjungi. Kami ingin mengucapkan terima kasih TripAdvisor untuk pengakuan ini. Kami mengundang wisatawan seluruh dunia untuk datang mengeksplorasi lebih jauh keindahan pulau-pulau ini,” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti.

Berikut 10 pulau peringkat terbaik di Asia versi TripAdvisor: 1. Bali, Indonesia, 2. Phuket, Thailand, 3. Ko Samui, Thailand, 4. Koh Tao, Thailand, 5. Lombok, Indonesia, 6. Gili Trawangan, Indonesia, 7. Boracay, Filipina, 8. Langkawi, Malaysia, 9. Havelock Island, India, 10. Taketomicho Iriomote-jima, Jepang.

Untuk diketahui, TripAdvisor memiliki komunitas wisata terbesar di dunia yang menjangkau 350 juta pengunjung unik setiap bulannya. Situs ini juga menampilkan lebih dari 290 juta ulasan dan opini tentang 5,3 juta akomodasi, restoran, dan objek wisata dunia.