BAZNAS dan PT TIMAH Bantu Rumah Layak Huni

Kundur News – Prayun – Dalam rangka meningkatkan taraf hidup yang layak, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PT Timah Tbk, melaksanakan program bantuan rumah layak huni untuk penduduk pulau terluar Indonesia di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

BACA: PT Timah Dukung Pemkab Karimun Raih Adipura Tahun 2018

Program bantuan itu terselenggara berkat partisipasi karyawan PT Timah Kundur, dimana pendanaan diperoleh melalui penyaluran zakat penghasilan karyawan PT Timah, yang kemudian ditunaikan melalui BAZNAS.

Sampai saat ini Sabtu (9/12/17) BAZNAS bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) PT Timah Tbk telah menyalurkan dana sebesar Rp 500 juta untuk program rumah layak huni kepada 100 jiwa di pulau Kundur dimana penerima bantuan sebelumnya telah disurvey serta diseleksi yang sesuai syarat dan ketentuan sebagai penerima zakat.

Saat penyerahan disaksikan oleh ketua UPZ PT Timah Bpk Dodi Setiabudi yang didampingi Kepala Unit Penambangan Lau Wilayah Operasi Kepulauan Riau & Riau PT Timah Tbk Bpk Edy Satyawarman, Perwakilan BAZNAS Pusat Bpk Mohan selaku Kepala Bagian Layanan UPZ, serta Camat Kundur Barat Anji Trisno, Camat Kundur Utara Heri Jadi Novaldinata dan sejumlah aparat dan tokoh masyarakat desa setempat.

Dodi Setiabudi selaku ketua UPZ PT Timah Tbk mengatakan “program ini berharap dapat mengangkat penghidupan yang layak untuk masyarakat pulau terluar Indonesia serta menjadi syiar zakat serta pelaporan UPZ PT Timah Tbk kepada karyawan PT Timah Tbk atas zakat penghasilan yang telah ditunaikan melalui BAZNAS”.

Kepala Bagian Layanan UPZ BAZNAS Dan Mohan juga berharap, dengan program itu dapat menekan angka kemiskinan.

BACA: Presiden Jokowi Bakal Resmikan Empat Proyek Besar di Batam

“Penyaluran zakat kepada masyarakat dhuafa pulau terluar Indonesia bersama UPZ PT Timah semoga dapat membantu program pengentasan kemiskinan di Indonesia”, kata dia.

Pers rilis yang disampaikan PT Timah Tbk, saat ini PT Timah termasuk salah satu anggota holding perusahaan tambang BUMN yang berinduk kepada PT Inalum (Persero), dimana untuk pembayaran upah/gaji untuk semua karyawan menganut system payroll, sehingga untuk pembayaran zakat penghasilan keseluruh karyawan sudah terhitung bersih atau sudah dipotong zakat, dengan harapan akan mendapat keberkahan.*