Tembilahan — Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas IV Tembilahan Capt Suratno memantau perkembangan penumpang arus mudik lebaran idul Fitri 1444/Hijriah, di pelabuhan Pelindo, Rabu (19/4/2023) pagi.

Saat diwawancarai awak media kepala KSOP kelas IV Tembilahan Capt Suratno mengatakan bahwa lonjakan penumpang kedatangan di pelabuhan Pelindo sudah hampir 200 persen.

 

“Kalau kita pantau dengan adanya kapal-kapal tambahan untuk mengangkut penumpang hampir 200 persen kedatangan penumpang, mungkin juga sudah jadwal cuti bersama, jadi H+ 5 sudah terlihat pemudik yang berdatangan melalui pelabuhan Pelindo,” ungkap Capt Suratno kepada awak media.

 

Capt Suratno juga mengungkapkan untuk penumpang yang keluar dari pelabuhan Pelindo masih dalam relatif aman dan tidak begitu meroket.

“Ya kalau penumpang-penumpang tujuan Kepri sih masih aman lah masih bisa dihandle kapal seperti biasanya rutin yang beroperasi biasa, lada kenaikan namun masih dapat ditangani oleh kapal-kapal yang beroperasi jadi belum ada perlu penambahan kapal hanya saja untuk kedatangan memang sudah melaporkan Para pemilik kapal kepada kami bahwa kapal-kapal yang datang saat ini sudah terjadi penambahan jumlah armadanya yaitu masing-masing sudah menambahkan lebih kurang dua kapal sehingga kapasitasnya sudah menjadi 200%,” jelasnya.

 

Capt Suratno juga untuk mengamankan arus mudik KSOP kelas IV Tembilahan juga dibantukan personil dari TNI-POLRI, serta satpol PP, Basarnas dan dishub dan lainnya.

 

“Kalau kita KSOP kelas IV Tembilahan dalam rangka mengamankan arus mudik kedatangan maupun keberangkatan semua pegawai di turunkan, mudah-mudahan arus mudik lebaran idul Fitri di kabupaten Indragiri Hilir khususnya kota Tembilahan dapat terlaksana dengan baik,” tandasnya.

 

Terakhir Capt Suratno juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin berangkat menuju Tembilahan maupun yang ingin keluar dari kota Tembilahan agar tidak risau terhadap kapal-kapal, karena penambahan armada sudah disediakan.

“Jadi jangan terfokus kepada satu armada saja, masih banyak yang lainnya, jadi jangan berdesakan jadikan mudik lebaran kita menjadi mudik yang nyaman dan sampai di kampung tujuan

Kita dalam keadaan aman dan terkendali,” tutupnya.