Kundurnews – Menjadi kaya ternyata hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Pendapat itu disampaikan David Bach, penulis buku The Automatic Millionaire.

Membangun kekayaan disebutnya butuh satu langkah besar penting yang menghabiskan sangat sedikit waktu. Cara menemukan jalan menuju kesuksesan finansial itu adalah membayar diri Anda terlebih dahulu setiap bulannya.

“Apa yang dilakukan kebanyakan orang adalah mendahulukan membayar orang lain. Mereka membayar pemilik rumah, perusahaan kartu kredit, perusahaan telepon, pemerintah, dan seterusnya,” kata Bach kepada Business Insider.

Lantas, kata Bach, orang awam berpikir mereka akan memiliki cukup uang tersisa untuk membayar diri mereka sendiri setelahnya. Padahal, biasanya hal itu tak kesampaian dan uang gaji habis untuk hal lain.

Pria dengan 25 tahun pengalaman dalam manajemen finansial itu menyarankan tiap orang untuk melakukan otomatisasi akun. Dengan demikian, sebagian gaji akan pindah ke rekening tabungan atau simpanan pensiun bahkan sebelum Anda melihatnya.

Rekening pensiun itu pun bisa didiversifikasi dalam berbagai investasi seperti saham, obligasi, dan aset alternatif. Perhitungan sederhana mengenai berapa persen yang sebaiknya ditabung terlebih dahulu disebut Bach sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

“Anda akan kagum bagaimana Anda dapat semakin mudah belajar untuk hidup hemat. Sebab, seseorang tidak bisa menghabiskan apa yang tidak dimiliki dalam sakunya,” tulis Bach dalam buku.*

 

(republika)