Sebelum berangkat, para calon jemaah dilakukan tepuk tepung tawar, oleh Bupati Karimun H Aunur Rafiq
Sebelum berangkat, para calon jemaah dilakukan tepuk tepung tawar, oleh Bupati Karimun H Aunur Rafiq

Kundur News – KARIMUN – Pelepasan 186 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Karimun ke emberkasi Batam di pendopo rumah dinas Bupati Karimun  hari Sabtu (29/7/2017), ditandai dengan upacara adat tepuk tepung tawar, yang dilakukan langsung oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Sekda Karimun M Firmansyah serta beberapa kepala FKPD.

Tepuk tepung tawar dimaksudkan sebagai ungkapan doa agar para jamaah diberika keselamatan saat berangkat dan selamat juga sampai ditanah air.

Adapun jumlah JCH Kabupaten Karimun yang dilepas sebanyak 188 orang, 186 diantaranya merupakan kloter pertama yang rencananya akan diberangkatkan malam ini pukul 23.00 WIB melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Dari 188 JCH itu 102 diantaranya wanita dan sisanya 86 pria.

Sebelum diberangkatkan, para JCH telah mengikuti 13 kali manasik haji baik ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten. Sedangkan dua orag JCH pada kloter 27 yang merupakan jamaah cadangan akan diberangkatkan pada 25 Agustus mendatang dan baru akan pulang ke tanah air pada 4 Oktober, sedangkan kloter pertama akan sampai lebih cepat, yakni pada 8 September sudah tiba ditanah air.

Sementara dalam pelepasan JCH Kabupaten Karimun kemarin pagi, diwarnai dengan tangis haru perpisahan para sanak keluarga yang ditinggalkan oleh para jamaah dalam menunaikan rukun Islam kelima itu.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan, pihaknya telah mengikutsertakan tim medis dari Karimun guna memantau kondisi kesehatan para JCH Kabupaten Karimun di tanah suci, selain menjadi peserta haji, ada juga tim medis yang memang sengaja dikhususkan ikut serta dari tim medis.

“Mudah-mudahan para JCH kita terbebas dari segala macam penyakit berbahaya saat menjalankan ibadah haji ditanah suci,” harap Rafiq.

Melihat kondisi JCH Kabupaten Karimun tahun ini menurutnya semuanya dalam keadaan baik meski ada yang menggunakan kursi roda, namun masi bisa diatasi karena mereka memiliki pendamping baik istri atau suaminya turut serta, sehingga tidak ada kesulitan dalam pelaksanaan ibadahnya saat berada di tanah suci nantinya.

Sedangkan antisipasi kesehatan para JCH, pemerintah daerah sudah mempersiapkan bantuan-bantuan, mulai dari pelaksanaan manasik, berbagai fasilitas pun disiapkan selain, itu juga melibatkan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karimun yang tujuannya agar CJH Karimun memiliki ilmu, kemudian memiliki kesehatan yang baik serta punya rasa kebersamaan yang tinggi, dengan membentuk regu dan ketua rombongan serta TPHD, dengan tujuan agar mereka semua terkoordinir dengan baik selama pelaksanaan haji.

“Alhamdulillah kita juga mengikutsertakan seorang tim medis dalam rombongan JCH ini. Sama-sama kita doakan agar semua JCH Kabupaten Karimun sehat, lancar dalam menunaikan ibadah haji, sekembalinya ketanah air menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” harap Rafiq.*