Cegah Karhutla di Wilayah Binaan, Serda Darno Giat Patroli Bersama Warga 

Enok — Babinsa desa Suhada Serda Darno personil Koramil 02/Tanah Merah, kodim 0314/Inhil, melaksanakan kegiatan patroli dan Sosialisasi terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah binaan, desa Suhada dengan titik Koordinat 0°31’16,336″S,103°0’14,851″E6,00m, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, Sabtu (24/12/2022) pagi.

 

Kegiatan patroli Karhutla tersebut di pimpin Serda Darno bersama 4 warga memantau langsung wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi kebakaran lahan masyarakat maupun hutan-hutan yang ada di desa Suhada.

 

Ia mengatakan bahwa kegiatan patroli pada hari ini, langsung turun ke lokasi yang dianggap paling rawan terjadinya kebakaran.

 

“Iya hari ini kami turun ke lokasi yang dianggap paling rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan juga memberikan himbauan kepada masyarakat yang sedang ditemui di lokasi patroli,” ujar Serda Darno kepada awak media.

 

Ada beberapa himbauan yang disampaikan antara lain agar masyarakat yang melakukan aktifitas membersihkan kebun untuk tidak dengan cara membakar lahan dalam hal ini untuk mengantisipasi api merambat sehingga mengakibatkan api meluas.

 

“Pembakaran lahan dilarang keras oleh pemerintah dan apabila dilanggar akan mendapatkan sangsi hukum sesuai UU yang berlaku. Dan mengharap kepada masyarakat apabila menemukan titik api segera melapor kepada petugas untuk diadakan pemadaman secara bersama-sama,” ujarnya Serda Darno.

 

Terakhir ia berharap kepada masyarakat agar bersama-sama kampanye tentang larangan membuka lahan dengan cara membakar, karena apabila terjadi Karhutla sangat berdampak buruk untuk semuanya.

 

“Kami berharap dengan diadakan nya patroli dan himbauan ini agar menambah kesadaran warga akan bahaya karhutla dan supaya dapat bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan” tutup Serda Darno Babinsa Koramil 02/TM.

Previous articleMelalui Komunikasi Sosial, Dekatkan Babinsa Koramil 06/KTM Sertu Jonni Pasaribu dengan Warga Binaan 
Next articleBabinsa Desa Tanah Merah Sertu P Siregar Giat Komsos Rapat dengan Pengurus Mesjid Nurul Jama’ah