Enok — Cegah kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Koramil 02/Tanah Merah (TM) kodim 0314/Inhil secara aktif berpatroli di wilayah desa Sungai Lokan, Kecamatan Enok , kabupaten Indragiri Hilir, kamis (27/4/2023) pagi.

 

Tampak Babinsa Serda Yuli Hendra bersama masyarakat telusuri areal belukar yang berkoordinat pada : 0°25’35”, 103°32’43”, 329° Sepanjang patrolinya, para Babinsa tak temukan adanya titik api.

 

Meski aman terkendali, pihaknya tak lupa menebar imbauan agar masyarakat sekitar tak membuka lahan pertanian ataupun perkebunan dengan cara membakar vegetasi di atasnya.

 

“Selain berpatroli, kita juga mengimbau agar masyarakat tak sembarangan membuka lahan pertanian atau perkebunan dan tidak membakar apapun di atasnya untuk mencegah kebakaran,” jelasnya.

 

Secara terpisah Dandim 0314/Inhil Letkol Arh Nahruddin Roshid,S.E.,M.Tr.(Han) yang dikonfirmasi melalui Danramil 02/TM Letda Inf Agusturahim mengatakan patroli ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan.

 

Danramil mengatakan saat patroli karhutla tersebut tidak ditemukan adanya titik api maupun titik asap namun pihaknya tetap mengingatkan warga untuk tetap tidak membuka lahan dengan cara membakar.

 

“Kita juga meminta kepada warga masyarakat untuk tetap waspada dan segera berkoordinasi dengan pihak terkait jika menemukan atau mengetahui adanya titik api, agar cepat melakukan langkah pencegahan,” ungkapnya.

 

Danramil juga mengajak warga masyarakat untuk sama sama mengingatkan sesama agar tidak terjadi kebakaran lahan dan hutan.

 

“Yang paling penting jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar, sebab dampaknya sangat berbahaya,” tutup Danramil.