Home Riau INHIL Ciptakan Wilayah Binaan Aman Karhutla, Babinsa Koramil 02/TM Tingkatkan Patroli 

Ciptakan Wilayah Binaan Aman Karhutla, Babinsa Koramil 02/TM Tingkatkan Patroli 

0
Ciptakan Wilayah Binaan Aman Karhutla, Babinsa Koramil 02/TM Tingkatkan Patroli 

Enok  — Pastikan wilayah binaan aman dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) babinsa Koramil 06/Kateman, Kodim 0314/Inhil, Serma Boy R Sitompul bersama masyarakat di wilayah Parit Mesjid, desa Simpang Tiga Daratan, kecamatan Enok, kabupaten Indragiri Hilir, melaksanakan kegiatan patroli dan Sosialisasi Karhutla, Sabtu (4/3/2023) pagi.

 

 

Saat dikonfirmasi awak media melalui pesan singkat (WhatsApp) Serma Boy R Sitompul membenarkan pada hari ini melakukan kegiatan patroli Karhutla, antisipasi kebakaran lahan masyarakat.

 

 

“Iya hari ini kami bersama-sama untuk melakukan kegiatan patroli Karhutla upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan masyarakat yang ada di wilayah Parit Mesjid desa Simpang Tiga Daratan, di daerah rawan terjadinya kebakaran,” ujarnya

 

Dijelaskannya, kegiatan patroli Karhutla dilakukan secara rutin agar tidak terjadi kebakaran lahan masyarakat. Dia juga mengatakan bahwa masyarakat masih banyak melakukan membakar lahan agar lebih praktis dan cepat bersih lahan yang di olah masyarakat.

 

Namun menurutnya, membuka lahan dengan cara membakar sangat bertentangan dengan hukum, dan sangat menggangu kesehatan masyarakat.

 

“Jelas pemerintah sudah memberikan surat edaran, tentang larangan membakar lahan masyarakat maupun hutan, dan juga membakar dapat menghasilkan asap dan sangat jelas menggangu kesehatan,” ungkap Serma Boy R Sitompul disela-sela kegiatan Patroli.

 

Selian itu juga, di sela-sela Patroli Serma Boy bersama dengan warga binaan, saat menemukan warga di lokasi patroli, dirinya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak melakukan membakar lahan pertanian.

 

“Saat kita temukan warga di lokasi patroli, kita sampaikan kepada mereka bahaya membakar lahan, dan dapat ancaman pidana, jadi dari pada itu terjadi, lebih baik kita membersihkan lahan dengan cari lain, misalnya ditebas dan di racun sehingga rumput bisa mati,” imbuhnya.