daging-merah-vs-daging-putih-mana-yang-lebih-sehat

 

 

Daging adalah salah satu sumber makanan yang penting untuk tubuh. Kandungan protein, mineral, serta zat besi yang tinggi di dalamnya sangat bermanfaat untuk pembentukan sel, jaringan, serta membuat anggota tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Dilansir dari healthmeup.com, ada dua jenis utama daging yang bisa Anda konsumsi. Yaitu daging merah dan daging putih. Sebenarnya, lebih sehat mana antara daging merah dan daging putih?

Daging putih
Daging putih terdiri dari daging ayam, daging ikan, maupun daging unggas lainnya.

Nutrisi, sebagai contoh setiap 100 gram dada ayam mengandung 172 kalori,
21 g protein, 9 g lemak, 0 g karbohidrat, 2,7 g lemak jenuh, 64 mg kolesterol, dan 63 mg sodium.

Manfaat, daging putih merupakan sumber protein yang sangat rendah kalori.

Nutrisi, satu porsi dada ayam mengandung vitamin B, B6, B12, C, D dan E, niasin, dan magnesium.

Kekurangan, dada ayam cenderung memiliki tekstur yang lebih kering, yang dapat membuatnya membosankan untuk makan.

Kesimpulannya jika Anda membutuhkan protein banyak namun rendah kalori, maka Anda bisa memiliki daging putih. Itulah sebabnya daging putih banyak dimasukkan ke dalam menu makanan sehat

Daging merah
Daging merah mayoritas Anda temukan dalam daging sapi atau daging kambing. Daging ini berwarna merah gelap sebab di dalamnya terdapat mioglobis, protein yang mampu membuat daging berwarna merah.

Nutrisi, sebagai contoh daging sapi mengandung 214 kalori, 16 g protein, 16 g lemak, 0,2 g karbohidrat, 4,4 g lemak jenuh, 93 mg kolesterol, 84 mg sodium.

Manfaat, walaupun tidak sesehat daging putih namun daging merah memiliki tekstur yang lembab dan juicy sehingga rasanya lebih enak.

Nutrisi, satu porsi daging sapi mengandung seng, riboflavin, niasin, thiamin, selenium, vitamin A, K, B6 dan B12, asam amino, zat besi dan seng.

Kekurangan, daging merah terdiri dari 50% lemak.

Kesimpulannya adalah kandungan daging merah terdiri dari 50% lemak dan 50% protein. Sehingga Anda harus waspada terhadap potensi kurang sehat daging merah yaitu bisa menimbulkan kolesterol tinggi serta penumpukkan lemak.

Daging merah dan daging putih sama-sama memiliki kandungan yang penting untuk kesehatan tubuh. Keduanya tidak akan menimbulkan bahaya untuk kesehatan jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

 

 

 

(merdeka.com) http://www.merdeka.com/sehat/daging-merah-vs-daging-putih-mana-yang-lebih-sehat-splitnews-2.html