Inhil – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) memberangkatkan 25 orang peserta dari 5 kecamatan yang akan melakukan operasi katarak di Pekanbaru, Riau.

Pelaksanaan bakti sosial operasi katarak ini dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58. Yang mana penyelenggaraan ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Pekanbaru.

Kepala Dinkes Inhil Rahmi Indrasuri melalui Sekertaris Dinkes Wanhar, saat diwawancara awak media mengatakan sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak yang dilaksanakan di Pekanbaru, tentunya ini semua berkat dukungan semua pihak, baik itu masyarakat, UPT Puskesmas, RSUD Puri Husada Tembilahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil dan Dinas Kesehatan provinsi Riau, yang berupaya bersama-sama mengatasi masalah ini dengan meningkatkan akses masyarakat pada pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu.

BACA :  Gerakan Melawan Osteoporosis, Dinkes Inhil Gelar Senam Sehat Jaga Kesehatan Tulang

“Kami sangat mengapresiasi sekali dengan kegiatan ini. Dengan adanya dukungan dan kerjasama ini tentunya melalui penyiapan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun di Rumah Sakit Puri Husada yang telah bekerja sama dengan pihak Dinkes Kabupaten dan Dinkes provinsi serta upaya ini diperkuat dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) termasuk untuk pelayanan operasi katarak inj,” kata Sekretaris Dinkes Inhil Wanhar, Sabtu (22/10/11).

Selain itu, Sekretaris Dinkes Wanhar menuturkan bahwa kegiatan ini tentunya sangat perlu dan dibutuhkan oleh masyarakat yang kurang mampu sehingga pihaknya dan pihak lain yang bekerjasama benar benar meneliti ke akuratan data peserta yang melakukan pendaftaran operasi ini.

BACA :  Dinkes Inhil Imbau Masyarakat untuk Sementara Stop Gunakan Parasetamol Syrup

“Untuk pelaksanaan Bhakti sosial operasi katarak ini telah tersebar di Kabupaten kota hingga ke Kecamatan khususnya di wilayah Kabupaten Inhil melalui link dan informasi untuk registrasi operasi katarak yang dilakukan dirumah sakit Awal Bros Pekanbaru, serta sudah dilakukan screening oleh dokter mata RSUD PH sebelum proses keberangkatan atau dirujuk ke Provinsi,” jelasnya

Terakhir Ia mengungkapkan kegiatan bakti sosial operasi katarak ini berlangsung selama tiga hari. Maka dari itu, kegiatan ini menjadi sebuah cerminan dan pesan moral bahwa hakikat menjadi seorang manusia seutuhnya adalah ketika mereka bisa bermanfaat bagi sesamanya.

BACA :  Dinkes Inhil Terima Laporan Terkait Kesehatan Warga di Kuala Sebatu, Penyakit Gatal-gatal Terbanyak

“Tentunya kita berharap seluruh peserta yang berangkat tetap dalam keadaan sehat dan dilaksanakan segala pelaksanaan nya. Jadi kami berpesan kepada seluruh peserta khusus yang akan melakukan operasi untuk terus melakukan hal yang baik bagi yang membutuhkan dan menebarkan semangat cinta kasih yang universal ‘Bangkit Indonesiaku Sehat negeriku’,” pesannya.

Untuk ketahui, 54 Orang perserta yang mendaftar dari 12 kecamatan di Inhil dan yang lolos Screening 28 orang peserta dan yang diberangkatkan 25 orang peserta dan 3 peserta lainnya masih dalam keadaan sakit.

Previous articleCamat Rahelmi Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Parit Minang Desa Kuala Sebatu
Next articleBupati HM Wardan Buka Secara Resmi Musyawarah Besar Forum Komunikasi Wartawan Indragiri Hilir