Kadis Sosial Kabupaten Karimun, Muhammad Tang mendistribusikan bantuan bencana bagi 5 KK di Kecamatan Buru, Rabu (6/4)

KARIMUN – Sebanyak lima Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Buru mendapatkan bantuan korban bencana, dari Dinas Sosial Kabupaten Karimun, yang di distribusikan saat safari ramadhan rombongan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Rabu kemarin (6/4) di Desa Tanjungbatu Kecil Kecamatan Buru.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Muhammad Tang mengatakan, kelima KK yang menerima bantuan antara lain dua KK di Kelurahan Lubuk Puding, satu KK di Kelurahan Buru, dan dua KK di Desa Tanjungbatu Kecil.

“Mereka merupakan korban bencana yang terjadi pada tahun 2021 kemarin. Diantaranya ada yang terkena musibah angin puting beliung, tertimpa pohon, tersambar petir dan kebakaran,” ujar Muhammad Tang, Jumat (8/4).

Bantuan yang diberikan dari Kementerian Sosial antara lain peralatan dapur, peralatan makan minum, tikar, selimut dan matras. Sementara bantuan dari APBD Kabupaten Karimun diantaranya berupa makanan cepat saji, kajang hijau dan beras.

Dari lima KK yang mendapatkan bantuan, jumlah keseluruhan terdapat 15 jiwa dan semuanya selamat dari bencana yang pernah dialami.

Pihak Kecamatan Buru kata Muhammad Tang, telah mengantisipasi lebih dulu dalam menangani para korban, dengan menggalang dana untuk penanganan tanggap darurat awal. Kemudian mengajukan permohonan bantuan kepada Pemkab Karimun.

“Dari permohonan pihak Kecamatan Buru, maka baru dapat kita distribusikan kemarin. Bantuan bagi korban bencan bukan hanya untuk masyarakat Kecamatan Buru saja, tapi di semua Kecamatan yang teradpat korban bencana akan kita sisir data-datanya untuk dibeirkan bantuan,” terangnya.(*)