Home Riau INHIL Giat Komsos di Wilayah Binaan, Kopda Ferry Sinaga Sosialisasikan Rekrutmen Komcad 

Giat Komsos di Wilayah Binaan, Kopda Ferry Sinaga Sosialisasikan Rekrutmen Komcad 

0
Giat Komsos di Wilayah Binaan, Kopda Ferry Sinaga Sosialisasikan Rekrutmen Komcad 

Teluk Belengkong — Bintara Pembina Desa (Babinsa) komando Rayon Militer (Koramil) 06/Kateman, Kodim 0314/Inhil, Kopda Ferry Sinaga terus mensosialisasikan pemahaman tentang perekrutan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat tahun 2023 kepada warga binaan di desa Sumber Sari Jaya, kecamatan Teluk Belengkong, kabupaten Indragiri Hilir, Rabu (8/3/2023) pagi.

 

“Tujuan sosialisasi pembentukan Komcad TNI AD untuk memberikan gambaran serta motivasi bagi masyarakat yang berminat dan kriterianya berusia 18-35 tahun. Pendaftaran telah dibuka tanggal 2 Januari – 14 April 2023,” jelasnya.

 

Untuk pendaftaran bisa langsung mendaftar lewat online melalui website komcad.kemhan.go.id atau informasinya melalui Kodim atau koramil terdekat.

 

“Jika ada kendala dalam pendaftaran, bisa langsung menghubungi kami Babinsa atau datang langsung ke Koramil, disana akan kami bantu dalam pendaftaran lewat online tersebut,” kata kopda Ferry Sinaga.

 

Selanjutnya, di jelaskan kopda Ferry Sinaga menjadi seorang calon peserta Komcad matra darat ini harus melalui seleksi dengan syarat sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminal. Setelah dinyatakan lulus mereka wajib mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama tiga bulan.

 

“Semoga dari wilayah Desa Sumber Sari Jaya ini banyak yang berminat dan sesuai kriteria,” imbuhnya.

 

Sementara itu terpisah Danramil 06/Kateman kapten Czi Asmara Hadi mengatakan pendaftaran ini merupakan kesempatan bagus bagi generasi muda untuk turut serta dalam upaya pembelaan negara.

 

“Komponen ini nantinya akan memperkuat komponen utama pertahanan jika negara berada dalam keadaan bahaya atau darurat. Hal ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 03 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) dan UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 30 ayat 1 tentang upaya bela negara,” terang Danramil.

 

Untuk mendapatkan informasi terkait pendaftaran dan persyaratan Komcad Matra Darat Tahun 2023 ini dapat membuka akses website komcad.kemhan.go.id dan bahkan offline melalui Kodim 0314/Inhil.

 

“Selama pendaftaran tidak dipungut biaya, apalagi seleksi dan Latihan Dasar Militer (Latsarmil), semua gratis,” pungkasnya.