GrayKey Adalah Alat Pembuka Passcode Lock
GrayKey Adalah Alat Pembuka Passcode Lock

GrayKey – Sebuah Alat penjebol Passcode Lock perangkat iPhone yang dapat membantu proses penyidikan pihak kepolisian.

Juru bicara dari Indiana State Police David R. Bursten, menjelaskan bahwa, GrayKey akan digunakan pihak kepolisian untuk kepentingan penyidikan membantu mengungkap suatu kasus didalam penegakan hukum. GrayKey hanya akan digunakan jika diperlukan pada nvestigasi tindakan kriminal tertentu. Tentunya ada beberapa otorisasi yang harus dipenuhi oleh para penegak hukum sebelum menggunakan alat ini di perangkat iPhone yang menjadi kunci dari sebuah kasus yang sedang diselidiki.

Sedangkan juru bicara dari Maryland State Police, Greg Shipley menjelaskan bahwa koneksi antara perangkat elektronik dengan beragam tindak kriminal sudah semakin meningkat. Sehingga pihak penegak hukum merasa memerlukan perangkat tersebut untuk melakukan investigasi lebih lanjut pada perangkat ponsel jika diperlukan.

Fungsi dan Kegunaan GrayKey

GrayKey-Adalah-Alat-Pembuka-Passcode-Lock,-Yang-Membantu-Penyidikan-Kepolisian-Amerika-dan-FBI-(2)GrayKey adalah nama sebuah perangkat yang dapat menembus Passcode Lock yang ada di perangkat pengguna iPhone. Perangkat yang diciptakan oleh tim GrayShift ini hanya dijual untuk pihak penegak hukum dan juga pakar peneliti keamanan digital. Sebuah GrayKey memiliki 2 konektor kabel Lightning yang artinya dapat terhubung pad 2 iPhone sekaligus untuk proses menjebol passcode.

Harga GrayKey

Harga yang ditawarkan untuk satu unit GrayKey adalah sebesar US$15.000 dengan batasan 300 kali pakai dan harus terhubung ke internet. Ada juga versi tanpa batas, dan bias digunakan secara offline dengan harga lebih mahal yaitu dengan harga US$30.000. Versi offline akan memiliki keamanan tambahan two-factor authentication untuk setiap proses penggunaan.

Tidak ada batasan jumlah perangkat yang bisa dijebol oleh GrayKey saat ini, Sepanjang Apple masih belum menutup celah keamanan yang mampu dibuka oleh GrayKey.

GrayKey Dalam Pasaran

Alat canggih penjebol Passcode Lock perangkat iPhone itu dikabarkan mulai dibeli oleh banyak departemen kepolisian Amerika Serikat. Seperti yang dikutip dari laman Motherboard, sejumlah departemen kepolisian di beberapa negara bagian Amerika Serikat, sudah membeli dan sedang berencana membeli GrayKey.

“Regional police forces, such as the Maryland State Police and Indiana State Police, are procuring a technology called ‘GrayKey’ which can break into iPhones”

Informasi yang dihimpun dari departemen Secret Service menjelaskan mereka juga akan membeli alat tersebut bukan dalam jumlah satuan, melainkan jumlah besar bahkan hingga setengah lusin perangkat GrayKey.

Selain 2 markas kepolisian di atas, Miami-Dade County Police, Indianapolis Metropolitan Police Department dan beberapa kantor kepolisian lainnya juga berencana akan membeli GrayKey dalam waktu dekat.