Home Featured Mengenal GrayKey, Sebagai Alat untuk Jebol Passcode Lock iPhone

Mengenal GrayKey, Sebagai Alat untuk Jebol Passcode Lock iPhone

0
Mengenal GrayKey, Sebagai Alat untuk Jebol Passcode Lock iPhone

Awal Peluncuran GrayKey – Dalam penyidikan kasus penembakan yang terjadi di San Bernadino, membuat pemerintah Amerika Serikat meminta pihak Apple membuka iPhone milik pelaku, namun Apple tetap menolak karena bersikukuh dengan alasan sikap menghargai privasi pengguna.

Akhirnya FBI dikabarkan mendapatkan bantuan dari perusahaan bernama Cellebrite untuk mendapatkan data didalam iPhone yang terkunci tersebut. Karena dilindungi oleh FBI, maka tidak ada yang tahu bagaimana Cellebrite mengambil data yang ada didalam iPhone tersebut hingga sekarang atau nama tools yang digunakan.

Setelah kejadian tersebut, sebuah perusahaan peneliti keamanan bernama Grayshift memberi kabar dengan menunjukkan sebuah alat bernama GrayKey, yang mampu menjebol Passcode Lock perangkat iPhone. Alat itu bahkan secara terang-terangan dijual, namun hanya dapat dibeli oleh kantor penegak hukum atau lab penguji keamanan.

Dikutip dari laman MalwareBytes, mereka punya catatan detail mengenai GrayKey yang menarik. Pertama adalah bentuknya yang sangat kecil dan unik, yaitu sebuah kotak berdimensi 4 x 4 x 2 inci dan 2 buah kabel lightning yang keluar dari salah satu sisinya. Perangkat itu dapat menjebol Passcode Lock di 2 iPhone dalam sekali proses.

Cara kerjanya adalah menghubungkan 1 hingga 2 iPhone ke port lightning dan tunggu beberapa menit. Setelah itu perangkat iPhone akan memutus koneksi dari GrayKey lalu menampilkan layar dengan warna hitam dan Passcode Lock serta beberapa informasi tambahan lainnya.

Proses GrayKey Dalam Jebol Passcode Lock iPhone

Mengenal-GrayKey,-Sebagai-Alat-untuk-Jebol-Passcode-Lock-iPhone--(2)Proses unlock akan berjalan selama beberapa menit atau bahkan bisa beberapa hari. Untuk Passcode Lock dalam kode 6 digit, bisa memerlukan waktu hingga 3 hari. Sedangkan Passcode Lock yang menggunakan abjad atau kata, pastinya memerlukan waktu lebih lama lagi. Bahkan karena kecanggihan yang dimiliki GrayKey bisa membuka perangkat iPhone yang sudah masuk mode Disabled dan sebelumnya hanya bisa kembali normal jika melakukan Restore via iTunes – data hilang.

Setelah perangkat berhasil terbuka, semua konten dan file system akan diunduh ke perangkat GrayKey. Pengguna bisa mengakses data tersebut lewat tampilan web yang menghubungkan Graykey ke komputer dan mengunduh data berupa analisa yang diperlukan. Bahkan data lengkap, serta tidak terenkripsi (termasuk Keychain) di perangkat iOS juga bisa dilihat secara langsung.*