Gubernur Kepri Terima Dua Penghargaan Dari Kemendagri

Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima dua penghargaan dari Kemendagri, di Jakarta, Kamis (16/3)

JAKARTA – Gubernur Kepri Ansar Ahmad menerima dua penghargaan dari Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) RI, John Wempi Wetipo, dalam acara APBD Award 2023 di Mercure Convention Centre Ancol, Jakarta, Kamis (16/3).

Dua penghargaan yang diterima Ansar Ahmad dikarenakan Provinsi Kepri meraih peringkat kedua, sebagai Provinsi yang realisasi belanjanya tertinggi, dan peringkat kedua dan realisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wamendagri RI, John Wempi Wetipo dalam kesempatan itu menyebutkan, APBD merupakan komponen yang sangat penting, untuk mempercepat perputaran ekonomi di daerah, karena secara akumulatif akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi secara nasional.

“Percepatan realisasi APBD sangat penting, karena uang yang sudah dianggarkan harus segera dibelanjakan. Agar bisa berdampak pada masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan,” kata Wempi.

Menurutnya, APBD Award 2023 digelar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, yang berhasil mencatat capaian tertinggi realisasi APBD dalam tiga kategori, yaitu realisasi pendapatan, realisasi belanja, dan realisasi peningkatan PAD.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, mengaku bangga atas penghargaan yang didapat. Menurutnya, kerja keras Pemprov Kepri dalam memaksimalkan potensi pendapatan daerah dan belanja daerah, mendapat apresiasi dari pemerintah pusat.

“Penghargaan yang kita terima akan dijadikan motivasi, untuk terus memaksimalkan APBD dan PAD, untuk pembangunan Provinsi Kepri,” ujarnya.

Dijelaskan Ansar Ahmad, realisasi APBD Provinsi Kepri tahun anggaran 2022 mencapai 99,33 persen, dengan pagu anggaran sebesar Rp3.870,32 Miliar dan realisasinya Rp3.844,52 Miliar.

Selain itu, realisasi peningkatan PAD Provinsi Kepri, tercatat sangat signifikan pada tahun 2022. Yang bersumber dari Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, anggaran PAD di APBD Provinsi Kepri tahun 2022, yakni Rp1.348,49 Miliar, dan realisasinya sebesar Rp1.584,58 Miliar atau 117,51 persen.(*)

Previous articleBupati Asahan dan Forkopimda Sambut Kedatangan Gubsu di MPP
Next article37 Peserta Ikuti MTQ Tingkat SMP Sederajat Yang Digelar Kejari Karimun