Anambas – Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas bekerjasama dengan MedcoEnergy E & P Natuna mengelar Pelatihan Protokoler 2018 di Anambas Iin, Rabu, pagi (3/10/2018).

Adapun tujuan dari pelatihan Protokoler ini agar mengerti dan paham bagaimana protokoler dilakukan, secara baik  dan benar agar memberi kepuasan kepada semua pihak.

Pelatihan Protokoler 2018 di buka secara resmi oleh Drs. H Yendi, MM selaku Asisten Administrasi Umum.

Dalam sambutan pembukaannya, beliau menyampaikan dalam mewujudkan dan membentuk kualitas sumber daya manusia yang profesional dibidangnya maka perlu pembinaan yaitu melalui pelatihan agar bisa menambah pengetahuan, keterampilan, dan tangung jawab. Semoga pelatihan membawa manfaat untuk meningkatkan pengetahuan terutama dalam memberika pelayanan protokolan pada setiap kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah daerah.

Acara pembukaan ini juga dihadiri oleh Ervan Fedrial dari Manajemen Medco E & P Natuna, LTD Laut Agus W perwakilan Lanal Tarempa, Ardan, A MA, Camat Siantan, Dra. MC Maryati, MM CHRA sebagai narasumber dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Pelatihan Protokoler 2018 dilaksanakan selama satu hari 3 Oktober 2018 dengan peserta yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 30 peserta yang berasal dari Protokol Sekretariat Daerah dan Protokol Sekretariat DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas. Untuk memberikan pemehaman yang mendalam serta meningkat kemampuan, pengetahuan maka narasumber yang diundang merupakan praktisi dan Akademisi yang dalam bidang keprotokolan Dra. MC Maryati, MM CHRA dari Lembaga Maxindo Consulting.

Adapun materi meliputi fungsi protokoler, tata tempat, tata Upacara Bendera, Tata urut acara,  Acara kenegaraan, Acara resmi, tata ruang, tata tempat (preseance), pengaturan tata tempat, table manner, MC, aturan dalam kendaraan, tata cara menyambut tamu, tata cara melayani tamu.

Selanjutnya pelatihan ini di tutup dengan penyerahan secara simbolis sertifikat peserta pelatihan Protokoler 2018 dan penyerahan cendra mata dari Manajemen Medco E & P Natuna kepada Narasumber Dra. MC Maryati, MM, CHRa.*