Natuna – Sekitar 1000 peserta mengikuti upacara peringatan HUT Ke-73 TNI, di Mako Yon Komposit 1/Gardapati, Desa Sepempang, Bunguran Timur, Natuna, Jumat (05/10/18).

Wadanyon Komposit I/GP/ Kpt Inf Alce Aprianto, sebagai komandan upacara.

Dalam amanat Inspektur upacara Danlanud RSA Natuna, Kolonel Pnb Prasetya Halim, menyampaikan TNI saat ini terus bahu membahu dan dengan sekuat tenaga untuk meringankan beban yang diderita saudara saudara yang tertimpa musibah bencana, Sulawesi dan Lombok NTB.

“Kita juga harus menghadapi gejolak alam yang terjadi akhir akhir ini. TNI sebagai satuan yang selalu siaga dimasa damai, harus bersama pemerintah menanggulanggi bencana yang terjadi diberbagai daerah,” tegasnya.

“Ketidak pastian akibat krisis ekonomi saat ini, politik dan kepemimpinan global membawa perang tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial, namun perang telah menjadi berbagai dimensi, seperti perang ekonoml, perang dagang, perang hukum, perang cyber, perang optimi  dan bakan akhir akhir ini kita menyaksikan adanya perang mata uang di berbagai negara,”.

Profesionalisme TNI di wujutkan dalam pelaksanaan operasi dan kegiatan kegiatan serta latihan dalam rangka menjalankan tugas pokok yaitu menyegarkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari segala macam ancaman dan gangguan.TNI juga turut serta dalam menjaga kedamaian dunia dengan mengirimkan pasukan garuda dalam misi PBB berbagai negara sebagai bentuk partisipasi negara dalam mewujutkan perdamaian dunia.

Dalam tugas selain perang ,TNI juga terlibat dalam pengamanan pemilu. TNI perkomitmen untuk terus menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu 2019. Mesukseskan pengamanan Pilkada 2017 dan 2018 menjadi batu pijakan dalam pengamanan pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden tahun 2019. Salah satu kuncinya adalah tekat TNI untuk terus menjaga kesatuan dan kesatuan bangsa, serta menjadi benteng bagi keutuhan NKRI.

Setelah itu gegiatan juga dilanjutkan dengan kegiatan donor darah, dan penyerahan tali asih kepada Anak yatim yang ada di dessa Sepempang, Natuna.*