Kapal Asing Pencuri Ikan Mulai Jarang Di Perairan Natuna

Kundur News – Denpasar. Tindakan tegas dengan penenggelaman kapal nelayan asing di perairan Natuna memberi efek jera pada kapal-kapal yang biasa melakukan pencurian ikan di wilayah tersebut hal ini diungkapkan Bupati Natuna Ilyas Sabli di Tanjungpinang Rabu (4/1).

“Saat ini sudah jarang nampak kapal-kapal asing pencuri ikan di Laut Natuna. Sepertinya apa yang dilakukan pemerintah pusat dengan penenggelaman kapal memberikan dampak positif,” ujarnya.

Sebelum pemerintah menerapkan kebijakan penegelaman kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia termasuk Natuna, banyak kapal-kapal nelayan asing beroperasi mencuri ikan di perairan Natuna.

“Ketika belum diambil tindakan tegas, kapal-kapal asing dengan leluasa menguras kekayaan laut Indonesia di Natuna. Akhir-akhir ini kegiatan ilegal tidak nampak lagi,” lanjut Ilyas menambahkan.

Banyaknya kapal asing pencuri ikan di perairan Natuna, kata dia, saat malam lampu-lampu kapal-kapal tersebut nampak seperti penerangan di perkotaan.”Kami mengapresiasi tindakan tegas pemerintah pusat tersebut,” .

Pemerintah Pusat Melalui Kemeterian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan TNI AL sudah dua kali menenggelamkan sejumlah kapal asing ilegal di perairan Natuna yang terbukti melakukan pencurian ikan.

Perairan Natuna yang berdekatan dengan Vietnam, Thailand dan Malaysia terkenal memiliki kekayaan laut melimpah. Kondisi tersebut dimanfaatkan nelayan-nelayan asing untuk melakukan pencurian ikan terbesar sehingga merugikan negara triliunan rupiah setiap tahun.

 

(Antara)