Home Featured Kapolda Riau Kunker ke Inhil Berkendara Dari Pekanbaru

Kapolda Riau Kunker ke Inhil Berkendara Dari Pekanbaru

0
Kapolda Riau Kunker ke Inhil Berkendara Dari Pekanbaru

Inhil – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK, MSi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggunakan motor gede (Moge), Kamis (8/7/2021).

Bak bikers, iring-iringan konvoi Kapolda menyusuri jalan Lintas Timur menuju Kabupaten Indragiri Hilir. Dari Pekanbaru, Kapolda juga sempat menyinggahi dua kabupaten lainnya, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu sebelum tiba di ” Negeri Seribu Parit”.

Kedatangan Kapolda disambut oleh Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan, SIK beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, yakni Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hilir, Dr H Ferryandi, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf Imir Faishal, Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Indragiri Hilir, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Indragiri Hilir dan Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Indragiri Hilir.

Sesampainya di Mapolres Inhil, Kapolda dijamu di ruang Kapolres Inhil bersama sejumlah Forkopimda. Tak lama berselang, Kapolda memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tenaga Kesehatan selaku tracer dan vaksinator dalam apel yang digelar.

Menurut Kapolda, tracer merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Melalui tracer, proses identifikasi penderita Covid-19 akan semakin mudah untuk kemudian diberikan treatment penyebuhan dengan langkah isolasi.

“Semakin banyak tracing, pasien positif Covid akan semakin banyak teridentifikasi. Dan hasil tracing, tidak untuk dilakukan pembiaran, melainkan diberikan treatment guna penyembuhan. Pasien tertangani,” tutur Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh tracer dan vaksinator yang terdiri atas Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tenaga Kesehatan. Menurutnya, para tracer dan vaksinator layak menerima tanda kehormatan atas jasa penanganan Covid-19.

“Mereka adalah penentu penanganan Covid-19 di suatu daerah, dalam hal ini di Kabupaten Indragiri Hilir. Usaha yang dilakukan rekan-rekan tracer dan vaksinator telah membuahkan hasil,” ungkap Kapolda.

Pada 28 Mei lalu, diungkapkan Kapolda, angka konfirmasi positif Covid-19 di Riau mencapai angka 814 pasien. Angka itu, membuat Riau menempati ranking 2 nasional dengan pasien terkonfirmasi positif terbanyak. Namun, jumlah yang fantastis itu tidak menimbulkan kekhawatiran bagi Kapolda. Hal itu dikarenakan Dirinya mengetahui bahwa Satgas penanganan Covid-19 di tiap kabupaten / kota tengah bekerja.

“Saya tahu kita sedang bekerja. Keyakinan itu lah yang kemudian membuat tidak adanya kekhawatiran dengan angka yang tinggi itu. Semakin banyak tracing, semakin banyak pasien positif Covid-19 yang tersembunyi dapat teridentifikasi,” jelas Kapolda sembari mengungkapkan kala itu, spesimen Covid-19 yang dikirim ke Laboratorium Biomol mencapai 6 – 8 ribu spesimen.

Selanjutnya, Kapolda berpesan, agar perjuangan melawan Covid-19 dapat terus dilakukan di Kabupaten Indragiri Hilir. “Perjuangan kita belum usai. Kita akan lanjutkan. Apa yang kita lakukan akan dicatat. Percayalah, Tuhan tidak tidur,” tutup Kapolda.

Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan, SH SIK MHum, menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kunjungan kerja Kapolda Riau ke Kabupaten Indragiri Hilir. Dia mengatakan, kunjungan kerja Kapolda ke Kabupaten Indragiri Hilir merupakan sebuah kehormatan bagi Dirinya dan segenap jajaran Polres Inhil.

Kapolres mengatakan, kunjungan kerja Kapolda juga menjadi evaluasi kinerja jajaran Polres Inhil selama ini, terutama dalam hal penanganan Covid-19.

“Sudah jelas dari arahan Bapak Kapolda, jajaran Polres Inhil, seperti Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan Tenaga Kesehatan menjadi garda terdepan dalam upaya melawan Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir,” tutur Kapolres.

Ke depan, Kapolres berharap, tracer dan vaksinator dapat secara konsisten menjalankan tugasnya, sehingga dapat menekan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Selain tracing dan vaksinasi, kita juga akan intens memberikan sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan Covid-19. Bagi masyarakat, diharapkan dapat tetap mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Indragiri Hilir,” tutup Kapolres.

Usai memberikan arahan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Tenaga Kesehatan, Kapolda Riau melanjutkan perjalanan menuju Desa Teluk Dalam, Dusun Kampung Hidayat untuk melakukan ziarah ke makam Tuan Guru Syekh Abdurrahman Siddiq bin Muhammad Afif Al Banjari dengan didampingi Kapolres Inhil beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Indragiri Hilir.*