Kaum Disabilitas Harus Mendapat Perhatian Khusus

Html code here! Replace this with any non empty text and that's it.

Kundurnews – Denpasar – Pemerintah provinsi Bali terus berupaya untuk memberikan perhatian dan meningkatkan kesejahteraan kaum disabilitas.

Salah satunya mendorong partisipasi sosial semua pihak dalam memberi perlindungan dan meningkatkan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas.

Demikian disampaikan Kadis Sosial Provinsi Bali I Nyoman Wenten saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2016 di Halaman Kantor Dinas Sosial Provinsi Bali, Jumat (23/12).

Menurut Wenten, pemerintah pusat dan Pemprov Bali terus berupaya meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas. Selama tahun 2016 ini, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp. 5,5 milyar yang diperuntukkan bagi 1.081 penyandang cacat berat.

Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban keluarga yang merawat penyandang cacat berat. Selain itu, pemerintah juga mengucurkan dana Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi penyandang disabilitas yang punya ketrampilan menjahit, mencukur dan lainnya.

“Untuk tahun ini pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp. 970 juta lebih yang diperuntukkan bagi 125 orang penyandang disabilitas,” kata Wenten.

Wenten menambahkan, sejalan dengan berbagai upaya yang terus dilakukan pemerintah, belakangan ini terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam penanganan penyandang disabilitas.

Hal ini antara lain ditandai dengan bermunculannya lembaga sosial peduli disabilitas. Hal ini menurutnya sangat membantu pemerintah dalam penanganan disabilitas.Ke-Halaman_Selanjutnya..