Komsos dengan Tokoh Pemuda di Pos Kampung Pancasila, Babinsa Harapan Jaga Kesatuan dan Hindari Konpilk 

Tanah Merah — Personil Babinsa Koramil 02/Tanah Merah (TM), Kodim 0314/Inhil, Koptu RH Tambunan melaksankan komunikasi sosial bersama warga masyarakat Kampung Pancasila, bertempat di pos kampung Pancasila, kelurahan Kuala Enok, kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (16/3/2023) pagi.

 

Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa yang memiliki fungsi utama sebagai Dasar Negara Republik Indonesia memiliki kedudukan tertinggi yang merupakan sumber hukum dasar nasional dalam tata hukum di Indonesia.

 

Bangsa Indonesia terdiri atas keragaman suku, budaya dan agama yang masih menimbulkan perbedaan pandangan di masyarakat sehingga perlu adanya pengamalan nilai-nilai yang terkandung didalam Pancasila secara nyata.

 

Segala perbedaan yang timbul di tengah kehidupan masyarakat dapat menimbulkan konflik yang harus segera di cegah dengan cara memberi wawasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang meliputi Pancasila,Undang-undang Dasar 45 dan Bhinneka Tunggal Ika.

 

Untuk menciptakan suatu kerukunan antar masyarakat, maka dibentuk kampung Pancasila dengan tujuan untuk menumbuhkan kerukunan antar masyarakat yang beragam suku,budaya,agama maupun ras serta menanamkan nilai-nilai Bhineka tunggal ika dan menerapkan 5 sila Pancasila.

 

Dalam rangka mencegah dari hal-hal tentang perbedaan pandangan tersebut,maka Babinsa memberi pencerahan tentang pentingnya pengamalan nilai-nilai yang terkandung di dalam agama dan Pancasila sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh setiap warga masyarakat secara menyeluruh sehingga tercipta kerukunan hidup tanpa ada jurang pemisah.

 

Komsos tersebut dilakukan terhadap warga Kelurahan Kuala Enok yang mana lingkungan mereka tinggal sudah dibentuk dan ditentukan menjadi kampung Pancasila. Dalam Komsosnya tersebut para Babinsa menghimbau dan mengarahkan warga untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehari-hari sehingga membentuk pribadi yang unggul.

 

Babinsa juga mengharapkan Kepada Pemuda Masyarakat agar selalu menjaga hubungan silahturahmi dengan aparat desa Khususnya Anggota Koramil 02/TM.

 

“Agar apapun permasalahan di lingkungan dapat kita selesaikan dengan baik dan tidak menjadi semakin melebar dan menjadikan tugas anggota semakin ke depan semakin sukses di Kelurahan Kuala Enok Kecamatan Tanah Merah,” pungkasnya.

Previous articleCiptakan Kedekatan, Babinsa Desa Teritip Koptu Al Alim Giat Komsos dengan Warga Binaan
Next articleGiat Patroli, Babinsa Sertu P Siregar Beri Sosialisasi Kepada Masyarakat Larangan Membakar Lahan