Tempat Pemakaman Cempedak Mal
Tempat Pemakaman Cempedak Mal

Kundur News – Tanjungbatu – Sudah merupakan program tahunan, tiap kali menyambut bulan suci Ramadahan, gabungan beberapa RT di Tanjungbatu melakukan gotong royong membersihkan tempat pemakaman umat muslim Cempedak Mal di Bukit Tiung Tanjungbatu Kota, Minggu (14/05).

Program yang sudah berjalan hampir empat tahun itu melibatkan warga di dua RT di Paya Togok, 2 RT di Lapangan Bola, Pasir Gembur, 1 RT dari Dwikora, 1 RT dari Kebun Pinang dan Warga pada RT Bukit Tiung itu sendiri.

Hal tersebut disampaikan Dodi, Ketua RT Bukit Tiung Tanjungbatu, Ia menambahkan walau jumlah warga dalam tiap tahunnya sedikit agak berkurang, namun kepedulian masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan khususnya di tempat pemakaman, masih cukup tinggi dan diharapkannya juga ada peningkatan.

“Dari tahun ke tahun rasanya jumlah warga yang gotong royong sedikit agak berkurang, namun antusias warga terhadap kebersihan perkuburan tetap tinggi, dan sudah tidak ada lagi yang namanya semak-semak”. Kate Dodi.

tempat_pemakaman_cempedak_mal“Jadi bagi yang merasa belum pernah ikut membersihkan kuburan di cempedak mal ini, kedepannya agar dapat hadir bersama-sama ikut membersihkan, karena walau itu kuburan, mereka juga bagian dari lingkungan dan kita-kita juga pasti akan kesana”, tambah Dodi.

Dalam pantauan, kondisi perkuburan Cempedak Mal, lokasi pemakaman dengan ukuran sekitar 2 HA saat ini sudah dalam keadaan bersih, sehingga moment Idul Fitri nantinya lebih menyamankan terutama bagi mereka yang berziarah ataupun bagi ta’ziyah.*