KUA-Tg-Batu-Prioritas-Calon-Haji-Lanjut-Usia
KUA Tanjungbatu Kundur

Kundur News – Tanjungbatu  – Kementerian Agama memberi prioritas terhadap calon haji lanjut usia, minimal telah berusia 75 tahun dengan masa menunggu selama dua tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji pada tahun 2017.

“Kita tahun ini lebih banyak jumlah calon haji lanjut usia. Jamah calon haji yang lanjut usia ini rata-rata calon yang sudah lama menunggu, itu kita bisa berangkatkan tahun ini,” ujar Suhaimi Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kundur, Selasa (18/7).

Suhaimi juga menjabarkan 90 CJH ini terdiri dari 62 warga Kecamatan Kundur, 16 dari Kecamatan Kundur Barat, dan Kundur Utara 12 CJH. Jika melihat dari jenis kelamin, diakuinya CJH perempuan tahun ini tampak mendominasi.

“90 CJH ini merupakan CJH asal Pulau Kundur. Untuk Para lansia harus memenuhi persyaratan layak berangkat haji. Dan itu salah satunya adalah faktor kemampuan fisik tunaikan ibadah haji selama berada di tanah suci,” katanya.

Disinggung terkait keberangkatan jamah, Suhaimi belum bisa memastikan kapan keberangkatan jamah haji dari Pulau kundur. Ia belum pastikan hanya mengira kemungkinan jumat 28 Juli mendatang pihaknya menunggu hasil rapat kemenag Rabu menandatang.

“Kami akan menunggu hasil keputusan rapat pada Rabu mendatang dengan Kemenag, kapan kepastian keberangkatan jamah dari pulau,” tuturNya.