Home Riau INHIL Laksanakan Patroli, Babinsa Ingatkan Warga Tentang Larangan Membakar Antisipasi Karhutla 

Laksanakan Patroli, Babinsa Ingatkan Warga Tentang Larangan Membakar Antisipasi Karhutla 

0
Laksanakan Patroli, Babinsa Ingatkan Warga Tentang Larangan Membakar Antisipasi Karhutla 

Tanah Merah — Dalam upaya mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Takulai Bugis, Koramil 02/Tanah Merah, jajaran Kodim 0314/Inhil Serda Agusmi Harianto bersama masyarakat peduli api (MPA) menelusuri areal perkebunan melaksanakan patroli dan sosialisasi di titik-titik rawan Karhutla untuk menjaga lingkungan desa binaannya, pada Sabtu (25/2/2023) pagi.

 

Babinsa desa Tekulai Bugis Serda Agusmi Harianto mengatakan bahwa pihaknya terus memantau daerah rawan karhutla bersama pihak terkait lainnya terus turun ke lapangan memastikan tidak ada kebakaran hutan dan lahan.

 

“Kita melakukan patroli di kawasan yang rawan kebakaran hutan dan lahan di desa Tanjung Baru. Pemantauan dilakukan di areal perkebunan ataupun hutan untuk memastikan tidak ada titik api. Jika ada kebakaran hutan dan lahan, kita bersama masyarakat akan bergerak cepat untuk memadamkannya,” ujar Babinsa Koramil 02/Tanah Merah Serda Agusmi Harianto .

 

Selain patroli Babinsa juga melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai kebun pertanian, agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

 

“Ya kita memberikan himbauan kepada pemilik kebun, agar saat membuka lahan tidak menyulut api, dikarenakan bisa sangat berdampak terhadap pencemaran lingkungan udara. Selain itu juga dapat merembet ke area lahan-lahan pertanian lainnya,” tandasnya.

 

Dikatakannya dalam pelaksanaan patroli dan sosialisasi Karlahut tersebut, Babinsa selalu melakukan pantauan di titik rawan terjadinya kebakaran, dan melakukan pemetaan wilayah yang sering terjadi kebakaran.

 

Dalam kegiatan patroli dan sosialisasi tersebut di wilayah yang sering terjadi kebakaran lahan pertanian, tidak ada ditemukan titik api dan asap.

 

“Alhamdulillah hasilnya nihil tidak ada titik hotspot, dari hasil peninjauan kita pada pukul 10:00 WIB dalam keadaan aman dan terkendali,” pungkasnya

 

Secara terpisah Danramil 02/ Tanah Merah Letda Inf Agusturahim

menyampaikan, selain melakukan patroli, pihaknya juga melakukan sosialisasi menghimbau masyarakat, petani dan pihak perusahan agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Dengan dilaksanakan patroli dan sosialisasi ini, ia berharap Karhutla bisa diantisipasi sehingga tidak muncul bencana kabut asap

 

“Mari kita saling menjaga wilayah kita masing-masing agar tidak ada kebakaran hutan dan lahan karena bisa menimbulkan dampak akan merugikan kita semua, karena itu kewajiban kita bersama juga untuk menjaga supaya tidak terjadi Karhutla” imbuh Danramil 02/Tanah Merah.

 

Danramil 02/Tanah Merah Letda Inf Agusturahim juga berharap adanya kepedulian seluruh pihak dalam mencegah karhutla dengan bersinergi melakukan tindakan pencegahan dan juga saling menjaga lingkungan.