Anambas Segera Dibangun Mapolres

Kundur News – Anambas – Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) segera memiliki Kepolisian Resort (Polres) sendiri menyusul dilaksanakan penandatanganan naskah perjanjian pinjam pakai tanah guna mendirikan kantor Polres dan hibah tanah untuk Polsek di Kecamatan Jemaja Timur.

Kapolda Kepri Brigjen Pol Drs. Arman Dapari mengatakan, sejak tahun 2008 KKA belum memiliki Polres sendiri karena masih berada dibawah naungan Polres Natuna.

“Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat idealnya akan dibangunan Polres di daerah ini,” kata Arman kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan silahturahmi dengan masyarakat sekali menyerahkan bantuan life jacket untuk nelayan, dan helm untuk para tukang ojek, di aula BPMS, Senin (16/11).

Kapolda datang ke Anambas menggunakan Kapal Feri VOC Batavia dan rencananya berada di Anambas selama dua hari.

Usai kegiatan tersebut Kapolda langsung turun ke lapangan guna meninjau lokasi Polres Anambas yang berada di Pasir Peti, Desa Pesisir Timur, Kecamatan Siantan.

Untuk menindak lanjuti itu sebut Arman salah satunya dengan penyerahan lahan yang baru saja dilaksanakan.

“Jika telah siap akan dibuat surat kepada Asisten Perencanaan Mabes Polri tentu akan dilihat kelayakannya apakah bisa atau tidak,” jelasnya.

Mengingat dalam pembentukan Polres itu ada persyaratan seperti salah satunya yakni harus ada wilayah kabupaten terlebih dahulu. Saat ini Kabupaten sudah ada, lalu harus ada polsek minimal harus ada 4 polsek.

“Saat ini di Anambas baru ada tiga Polsek yakni Siantan, Palmatak dan Jemaja, namun baru saja masyarakat yang diwakili Bapak Abdul Gani telah menghibahkan lahan untuk dibangun polsek di Kecamatan Jemaja Timur,” paparnya.

Arman mengatakan, pembangunan akan dilakukan secara paralel, idealnya dalam pembangunan polres tidak hanya dibangun kantor namun juga ada asrama, gudang senjata, gudang logistik dan lainnya.

“Tinggal kita lihat pemanfaatannya. Kalau lokasinya baik tentu akan sangat bagus dalam pembangunannya,” ujarnya.

Ketika disinggung berapa hektare lahan yang cukup untuk pembangunan Polres tersebut Arman mengungkapkan kalau nanti berapa cukupnya kita akan lihat dulu.

“Bupati tadi sudah siap apabila kurang akan diminta lagi,” jelasnya.

Arman Juga menilai untuk saat ini walaupun menjelang Pilkada yang akan digelar serentak 9 Desember mendatang keamanan di Anambas masih sangat kondisif. Namun Arman berpesan kepada jajarannya untuk tetap waspada dan segera mengantisipasi embrio-embrio yang akan mengganggu keamanan.

Penjabat Bupati KKA, Drs Eko Sumbaryadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolda Kepri yang mau datang ke Anambas. Untuk saat ini keamanan di Anambas masih sangat kondusif namun tetap harus waspada.

“Alahamdulillah Keamanan Anambas masih kondisif namun kita masih harus waspada,” pungkasnya.*

Oleh : FD