Tanjungbatu – Emak-emak wali murid dan para alumni SDN 010 Kundur ikut menyemarakkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-77 di SDN 010 Kundur, Tanah Tinggi Tanjungbatu Kota, Sabtu (27/08/2022).

Suasana bertambah riuh ketika mereka juga ikut melakuan tarik tambang dan lari goni sehingga menyita perhatian seluruh yang hadir pada kegiatan tersebut.

Yang menjadi sorotan para alumni pada perlombaan di sekolah tersebut adalah lomba menghias ‘Pojok Baca’ yang diikuti oleh ditiap-tiap kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Salah satu alumnus diikutkan sebagai juri untuk mendampingi Arban, Korwil Dinas Pendidikan Karimun yang berkesempatan hadir.

Kepala SDN 010 Kundur, Muhammad, menjelaskan, pihaknya memang menyediakan lokasi di tiap-tiap kelas untuk ‘Pojok Baca’, dengan tujuan agar anak-anak mengurangi kegiatan diluar dan betah didalam kelas dengan membaca.

“Menghias kelas ini fokus pada Pojok Baca, supaya siswa gemar membaca dan dapat meningkatkan literasi,” ujar Muhammad.

Muhammad menambahkan, Pojok Baca ini sengaja diperlombakan untuk memotivasi murid, guru, dan paguyuban kelas dalam memperindah kelas.

“Lomba ini mengakrabkan sekolah, guru, dan orangtua untuk memberi motivasi belajar siswa. Wali kelas kerja bareng orangtua murid mendesain kelas supaya siswa nyaman dan gemar belajar,” kata Muhammad.

Ketua panitia pelaksana, Kavita, mengatakan, Kegiatan peringatan HUT Ke-77 RI ini terdiri dari lomba pojok baca dan permainan rakyat.

“Permainan rakyat terdiri dari lomba makan kerupuk, lari gigit sendok, pecah balon, estafet tepung, lari goni, tarik tambang. Juga lomba untuk kekompakan tim siswa dan orang tua yaitu lomba pindahkan kelereng air dan pipet karet. Selain itu juga ada lomba menghias makanan,” ujar Novita.

Selain Kades Sei Sebesi, Nazarudin yang mendapat kesempatan sebagai dewan juri dalam perlombaan tersebut, juga alumnus-alumnus yang datangnya dari Batam dan Tanjungpinang.*