KARIMUN – Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Karimun menggelar ziarah dan tahlilan di makam leluhur Raja Ishak, diikuti para tokoh masyarakat di bumi berazam bertempat di Masjid Al-Mubarak Kecamatan Meral, Rabu sore (15/8).

Ziarah dan tahlil pada makam Raja Ishak itu dipimpin langsung oleh Ketua NU Kabupaten Karimun, Jamzuri. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda haul akbar ke tiga di Kabupaten Karimun yang dilaksanakan dalam rangka HUT RI ke 73 tahun.

“Rencana awal ziarah makam leluhur ini akan dilaksanakan di Gunung Jantan Teluk Lekup, karena sulit untuk dijangkau maka kita kita pindahkan kesini di makam Raja Ishak yang merupakan raja keturunan ketiga dari leluhur kita,” kata Jamzuri.

Makam leluhur Raja Ishak sudah ditelusuri lebih awal kepada para orang tua di Karimun, bahwa makam leluhur masyarakat Kabupaten Karimun yang pertama memang adanya diantara Gunung Jantan dan Gunung Betina yang berlokasi di Teluk Lekup. Namun direkomenasikan agar dapat ke lokasi yang lebih mudah dijangkau, tepatnya pada keturunan ketiga ada makam Raja Ishak yang merupakan keturunan dari Raja Penyengat, yang dipercaya turut membangun Karimun pada awal mulanya.

“Kegiatan kita di makam ini namanya ziarah ke makam leluhur, sebgaai tanda syukur kita kepada Allah dan terimakasih kepada beliau ini yang dulu telah berjuang di Karimun, sehingga Kabupaten Karimun ini ada. Tanpa perjuangan beliau tak akan ada Karimun. Memang semua atas kehendak Allah tapi berkat perjuangan beliau ini lah kita bisa berdiri di Kabupaten Karimun,” jelas Jamzuri.

Setelah ziarah makam leluhur, rencananya akan digelar acara puncak haul akbar ketiga yang dipusatkan di halaman rumah dinas Bupati pada Kamis pagi (16/8). Beberapa rangkaian yang akan dilaksanakan antara lain khatam Al-Quran dan zikir membaca 1000 kali kalimat thayibah dan bakal dihadiri beberapa habib dari Yogjakarta.

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Muslimat NU Kabupaten Karimun, Nyimas Novi Ujiani bersama beberapa pengurus.(*)

Previous articleBupati Karimun Serahkan Bantuan Puluhan Unit Sampan Kepada Nelayan Serta Asuransi
Next articlePria 55 Tahun di Tebing Setubuhi Anak Tetangganya

Polisi Ungkap Penempatan TKI Ilegal

Batam – Satu orang pelaku berinisial P R alias M, Perempuan, Warga Negara Malaysia yang berperan sebagai perekrut serta penjemput ...
Read More

Pawai Ta’ruf MTQ Desa Kundur Berlangsung Meriah

Prayun - Pawai Ta'ruf Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat desa Kundur dilepas secara resmi oleh Camat Kundur Barat yang didampingi ...
Read More

Diduga Membully Siswinya 4 Orang Diperiksa

Anambas - Atas perintah Kapolres Kepulauan Anambas, Kasat Reskrim beserta anggota memeriksa empat orang dari kasus dugaan guru membully siswinya, ...
Read More

Bupati Buka Dialog Kebangsaan Bagi Pemuda di Karimun

KARIMUN - Bupati Karimun Aunur Rafiq membuka dialog kebangsaan, yang digelar DPD Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Gedung Nasional, ...
Read More
Loading...
loading...