Ungar – Karimun – Pemerintah desa Ngal Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun terus giat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengoptimalisasi dana desa melalui  program-program, salahsatunya adalah Budidaya Perikanan (Pokdakan) yang dilakukan di dusun III pulau Manda. Hasil dari budidaya itupun hingga mencapai ratusan kilo hingga 1 ton, hasil dari 2 tambak.

BACA: Panen Perdana Tambak Udang Vaname Desa Ngal Capai 1 Ton

Kepala desa Ngal, Yusri, mengatakan,  panen kali ini mengalami penurunan dari panen sebelumnya. Hal tersebut pengaruh dari cuaca yang kurang mendukung.

Tambak Udang Dusun III Manda

“Panen kali ini mengalami penurunan dari panen sebelumnya, jika panen sebelumnya mencapai 1 ton, kali ini hanya sekitar 700 hingga 800 kg,” ujar Yusri, Rabu, (20/09/23).

Dikatakannya juga, hasil panen kali ini dipasarkan ke Malaysia.

Panen udang Vaname di tambak udang Pulau Manda, Desa Ngal
Panen udang Vaname di tambak udang Pulau Manda, Desa Ngal

“Kita ada penampung yang selanjutnya di ekspor ke Malaysia,” imbuh Yusri.

Camat Ungar, Bulkya Ayadi, ikut menyaksikan pada panen tersebut. Dikatakannya, Budidaya udang nerupakan suatu kegiatan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat yang harus terus ditingkatkan.

“Apalagi pulau Manda dari sisi geografis sangat cocok untuk pengembangan budidaya udang,” ujar Ayadi.

Tambahnya, untuk meningkatkan produksi tentu harus didukung sarana dan prasarana yang memadai. Hal itu tentu tak terlepas dari bantuan dari pihak lain atau ke pemerintah.

“Untuk itu, kami dari kecamatan siap mengakomodir,” ujarnya.

Menurut rencana, pihak desa Ngal kembali menambah satu kolam sehingga tiga kolam yang ada.

“Untuk bibit kita sudah ada, kalau tak ada halangan bulan oktober ini kita menambah satu kolam lagi sehingga menjadi tiga kolam,” tukas Yusri.

Turut hadir dalam panen tersebut, Staf desa ngal, Lisnawati, BPD Desa Ngal diwakili wakil ketua BPD, Hapis Periandi, PPL Diskan Provinsi Kepri, Uwais Al Fatih, PD Ferdi Yasmianto dan Zulfahmi.*