Ketua Tim Koalisi ARAH, M Yusuf Sirat menyampaikan perolehan suara, di kediaman Aunur Rafiq

KARIMUN – Pasangan calon Bupati Karimun dan Wakil Bupati nomor urut 1, Aunur Rafiq Anwar Hasyim mengklaim memenangi Pilkada Kabupaten Karimun, dengan perolehan suara 55.456, atau 50,8 persen.

Kemenangan yang diraih itu disampaikan tim Anur Rafiq Anwar Hasyim (ARAH) saat berada di rumah pemenangan Aunur Rafiq, di Perumahan Telaga Mas Kelurahan Sungai Lakam Barat Kecamatan Karimun, Kamis dini hari (10/12) sekira pukul 01.00 WIB.

Ketua Tim Pemenangan Koalisi ARAH, M Yusuf Sirat menjelaskan, dari suara sah sebanyak yang masuk secara keseluruhan 109.116, Arah mendaptkan 55.456 suara atau 50,8 persen. Sementara tim pasangan calon nomor urut 1, Iskandarsyah Anwar Hasyim mendapatkan 53.660 suara, dengan presentase 49,2.

“Terjadi selisih 1,6 persen. Dengan jumlah 1.796 suara dan masih unggul ARAH,” ujar Yusuf Sirat.

Yusuf Sirat menjelaskan, tim Arah sangat berhati-hati dalam penghitungan, dimulai dari sejak proses penghitungan surat suara, lalu rekapitulasi, serta mendatangkan C1 dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) se Kabupaten Karimun.

“Pada jam 22.00 WIB tadi baru C1 dari TPS terakhir kita pegang, yakni dari Desa Tulang. Ini fakta yang kita lakukan, dan kita tidak terburu-buru menyampaikan pengumuman perolehan suara. Terlepas dari pihak sebelah mengklaim berapa suara, kita hadir saat ini menghitung suara dengan berbagai teknis, dan dibantu oleh tim tabulasi yang kita datangkan sebanyak 12 orang. Masing-masing mereka dilengkapi satu perankat komputer atau laptop dan memegang data satu Kecamatan setiap orang, artinya mereka tidak kerja rangkap, agar datanya pasti,” jelasnya.

Bahkan menurut Yusuf Sirat, proses penghitungan dilakukan berulang-ulang untuk menghindari adanya kekeliruan. Sehingga pada akhirnya sesuai dengan hasil prolehan suara yang dihitung, baru dapat dipastikan hasilnya dan disampaikan kepada masyarakat.

“Inilah yang akan kita giring dan akan kita jaga sampai pada penghitungan di tingkat Kecamatan atau Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Walaupun selisih satu suara, inilah kemenangan arah, apa lagi ini 1796 suara, harus dijaga dan dikawal,” ucap Yusuf Sirat.

Untuk itu dia berharap agar tim koalisi dan relawan dapat menempatkan kader terbaiknya dalam mengawal suara, untuk melakukan proses pleno di PPK nantinya.

Sementara itu, Calon Bupati Karimun nomor urut 1, Aunur Rafiq menambahkan, pihaknya tidak mau gegabah dan tidak mau langsung klaim.

“Kalau menang harus tunggu data 100 persen dulu, kemudian data itu kan masih perlu diperbaiki. Karena sudah dapat dari semua Kecamatan maka kita input. Alhamdulillah meski perjangan yang berat dan panjang, tapi dibalik itu Allah masih memberikan hidayah dan ma’unahnya kepada kami bersama Anwar Hasyim, insyaallah kami masih memimpin Kabupaten Karimun periode kedepan,” kata Rafiq.

Sama seperti Yusuf Sirat, Rafiq pun mengaku telah mempersiapkan tim input data dalam melakukan tabulasi data. Berdasarkan C1 yang telah diserahkan dari seluruh saksi se Kabupaten Karimun, maka baru dapat disampaikan hasil penghitungan yang dilakukan tim Arah.(*)