Pembukaan Siswa Baru SPN Tanjungbatu
Pembukaan Siswa Baru SPN Tanjungbatu

TANJUNGBATU –  Pembukaan Pendidikan Pembentukan Brigadir tahun 2016 Polri ajaran 2016, resmi di buka oleh Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Brigjen Pol Sam Budigusdian dilapangan Sepak Bola SPN Polda Kepri di Tanjungbatu, Rabu (10/08).

Untuk tahun ajaran perdana ini,  sebanyak 200 siswa yang mengikuti Pendidikan Pembentukan Brigadir, yang terdiri dari 123 siswa dari Polda Metro Jaya dan 77 siswa dari perwakilan Polda Kepri.

Upacara pembukaan ini merupakan pertanda dimulainya program pendidikan dan latihan bagi Brigadir Polri t.a. 2016/2017 oleh 29 SPN Polda, dengan jumlah total sebanyak 9.850 siswa, terdiri dari 9.250 pria dan 600 wanita, yang akan berlangsung selama 7 bulan kedepan.

BACA :  227 Calon Bintara ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Tanjung Batu

Dalam kesempatan ini, Kapolda Brigjen Pol Sam Budigusdian, membacakan pesan tertulis dari Kapolri, Tito Karnavian. Dimana pesan-pesan bagi para peserta pendidikan Brigadir tahun ini agar dapat menanamkan semangat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi serta persiapkan mental yang kuat dan tumbuh kembangkan sikap dan jiwa korps antar sesama peserta didik agar terbangun soliditas Polri yang baik.

“Kepada pelatih dan pengajar, patuhi peraturan dan tugas saudara, tugas saudara sangat penting untuk mendidik dan menggembleng siswa, agar melahirkan personel Polri yang profesional. Tinggalkanlah tindak kekerasan agar tidak mengganggu proses belajar dan pendidikan,” ungkapnya.

Menurut dia, para siswa telah melalui tahapan seleksi yang cukup sulit, selektif, dan kompetitif sehingga merupakan hasil perekrutan pro-aktif yang telah dilakukan oleh Polri dalam rangka mencari bibit-bibit unggul untuk mengabdi kepada bangsa dan negara sebagai anggota Kepolisian.

BACA :  Penerimaan Calon Siswa Polwan & Polisi, Bupati Karimun Minta Prioritaskan Putra Kundur

Lebih lanjut, Kapolri mengatakan bahwa kemajuan teknologi, informasi, dan transportasi di satu sisi telah memberikan manfaat positif berupa kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan namun di sisi lain memberikan dampak negatif berupa meningkatnya potensi gangguan serta intensitas pemasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Tantangan tugas yang demikian berat tersebut harus mampu dijawab oleh Polri dengan langkah penananganan yang tepat guna dan tepat sasaran, salah satunya dengan menyiapkan dan menyelenggarakan pendidikan pembentukan brigadir Polri yang nantinya menjadi tulang punggung dan garda terdepan pelaksana tugas Polri di lapangan yang berinteraksi bareng dan bersentuhan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Dalam upacara tersebut  juga dihadiri,  Karo Jianstra SSDM Polri Brigjen Pol Eko Indra Heri, Wakapolda Kepri Kombes Pol Yan Fitri Halimansyah, Irwasda Polda Kepri Samuel Balelang, Wakil Bupati Karimun H.Anwar Hasyim, Kepala SPN Polda Kepri AKBP Krisriaji serta Pejabat Utama Polda Kepri, Unsur FKPD Provinsi Kepulauan Riau, Unsur FKPD Kabupaten Karimun, dan unsur Masyarakat Kabupaten Karimun.*

BACA :  Seorang Siswa SPN Polda Kepri di Tanjungbatu, TA 2018/2019, Meninggal Dunia