Pemkab Karimun Gelar Musrenbang Tahun 2023

Sambutan Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam Musrenbang Kabupaten Karimun tahun 2023 di Gedung Nilam Sari, Senin (27/2)

KARIMUN – Pemerintah Kabupaten Karimun menggelar Musyawarah Rencana Pembanguna (Musrenbang) tingkat Kabupaten tahun 2023, di Gedung Nilam Sari Kantor Bupati Karimun, Senin (27/2).

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun akan tetap memprioritaskan pemerataan pembangunan bagi 14 Kecamatan se Kabupaten Karimun.

“Pemerataan pembangunan tetap jadi prioritas pemerintah daerah, sebagaimana visi misi dalam mewujudkan Kabupaten Karimun sebagai pusat pertumbuhan ekonomi berkeadilan yang berlandaskan iman dan taqwa,” ujar Aunur Rafiq.

Dikatakan Aunur Rafiq, agenda Musrenbang yang dilaksanakan setiap tahunnya, merupakan penjabaran visi misi untuk melaksanakan pembangunan pada tahun berikutnya.

“Sehingga dalam Musrenbang tahun 2023 ini, merupakan gambaran pembangunan yang akan kita lakukan pada tahun 2024 mendatang, maka poin-poinnya tetap prioritas pemerataan pembangunan infrastruktur 14 Kecamatan,” jelasnya.

Menurutnya, skala prioritas pembangunan jalan beberapa Kecamatan perlu ditingkatkan
diantaranya untuk Kecamatan Belat, Kecamatan Ungar dan Kecamatan Durai. Sedangkan fokus pembangunan di Kecamatan Karimun adalah revitalisasi kawasan kota tua sebagai pusat wisata, yang akan dilanjutkan dalam program yang sama untuk Kecamatan Meral dan Kecamatan Kundur.

“Pembangunan gedung untuk Kantor Camat Selat Gelam dan Sugi Besar, serta enam Kantor Lurah juga jadi prioritas utama,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, program unggulan yang telah dilaksanakan tahun 2022 lalu, juga akan terus dilanjutkan tahun 2023 ini, seperti pelatihan tenagakerja dan pelatihan UMKM. Hal itu dilakukan karena cukup banyak peminat dan antusias dari masyarakat.

“Dari pelatihan ketenagakerjaan yang dilakukan pemerintah daerah, cukup banyak yang sudah dipanggil bekerja, begitupun pelatihan UMKM sudah banyak yang izinnya diterbitkan,” kata Aunur Rafiq lagi.

Sejauh ini menurutnya, sejumlah pembangunan dan program dapat berjalan dengan baik, sehingga mampu mendorong dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Karimun pasca pandemi Covid-19.

Aunur Rafiq juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas Kabupaten Karimun, dengan saling memupuk rasa kebersamaan, kekompakan dan optimis, dalam membangun Kabupaten Karimun kedepan menjadi lebih baik lagi.(*)

Previous articleWujudkan Pemilu Damai 2024, Ketua DPD Golkar Inhil HM Wardan Hadiri Diskusi Panel 
Next articleKeluarga Besar Polres Karimun Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj