Home Riau Pekanbaru

Wujudkan Pemilu Damai 2024, Ketua DPD Golkar Inhil HM Wardan Hadiri Diskusi Panel 

Pekanbaru – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Drs. H. Muhammad Wardan, MP menghadiri Diskusi Panel di salah satu Hotel yang ada di Pekanbaru, Selasa (28/02/2023).

Diskusi Panel ini digelar dalam rangka mewujudkan Pemilu Tahun 2024 yang damai, aman, dan kondusif di Provinsi Riau. Acara ini dibuka oleh Kapolda Riau diwakili Karo Ops Polda Riau, Kombes Pol R Kasero Manggolo.

 

Dalam sambutan Kapolda Riau yang dibacakan oleh Karo Ops Polda Riau, R Kasero Manggolo mengatakan, dalam rangka proses pesta demokrasi yakni Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Pemerintah telah membentuk Lembaga khusus yang menangani pelaksanaan Pemilu baik administasi maupun teknis yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan Pemilu baik tingkat Nasional, Provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota di Indonesia. Sedangkan untuk pengawasan, Pemerintah juga membentuk suatu Badan yakni Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dikatakannya bahwa di Tahun 2024 mendatang, akan dilaksanakan Pemilu serentak yaitu Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Dengan dilaksanakannya Pemilu serentak ini, maka diperkirakan situasi politik akan meningkat.

 

Sehingga diperkirakan akan muncul kerawanan dalam pelaksanaan tahapan Pemilu tersebut. Berkaitan dengan pelaksanaan Pemilu Tahun 2024, KPU Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 26 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024 adalah tahapan kampanye bagi seluruh kontestan untuk menyampaikan visi dan misi guna menarik simpati Masyarakat.

 

Lebih lanjut, R Kasero Manggolo menerangkan masalah persoalan daftar pemilih masih menjadi masalah yang menyumbang kerawanan Pemilu di Indonesia.

“Untuk itu, dengan dilaksanakannya kegiatan diskusi panel ini, dapat menemukan solusi atau jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan yang menjadi kerawanan dalam Pemilu. Sehingga nantinya, Pemilu di Provinsi Riau dapat berjalan aman, damai, dan kondusif,” tutupnya.

==========================