Tanah Merah — Babinsa Koramil 02/Tanah Merah, Kodim 0314/Inhil, Koptu RH Tambunan menghadiri Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) validasi dan penetapan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2023, yang diselenggarakan di Aula Kantor Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah, kabupaten Indragiri Hilir, Selasa. (28/02/2023).

 

Musdessus penetapan BLT Dana Desa yang dipimpin langsung oleh kepala Desa Tanjung Pasir, Babinsa desa Tanjung Pasir Koptu RH Tambunan, Pendamping Kab, Ketua BPD Tanjung Pasir, Sekdes Tanjung Pasir. Perangkat Desa , Ketua RT dan RW se Desa Tanjung Pasir dan Tokoh Masyarakat.

 

Dalam sambutannya Kades Tanjung Pasir menyampaikan Musdesus ini mengacu pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia tentang Pengelolaan Dana Desa.

 

“Sedikitnya minimal 10 persen dan maksimal 25 persen Dana Desa dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT). Selebihnya dapat dimanfaatkan sebagai program pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa,” kata pak wali.

 

Lebih lanjut Kades menambahkan bahwa pendataan nama warga yang diusulkan menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2023 memenuhi minimal 7 kriteri kemiskinan dari 14 kriteria kemiskinan dan diprioritaskan usia non produktif, lansia hidup sendiri, dan disabilitas.

 

Sementara itu Babinsa Koramil 02/TM Koptu RH Tambunan menambahkan maksud dan tujuan diadakannya rapat tersebut utamanya Ketua RT adalah agar sama-sama tahu mengenai warga yang akan dimasukkan menjadi Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

 

“Dengan dihadirkannya Ketua RT, karena yang paling tahu kondisi masyarakat secara langsung adalah Ketua RT,” ungkap Babinsa.

 

Babinsa berharap, Ketua RT dan RW dapat aktif, jeli dalam mengusulkan data warga yang akan dimasukkan menjadi Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

 

“Semoga hasil apa yang ada, bisa di salurkan bantuan kepada penerima BLT, mudah-mudahan masyarakat yang membutuhkan dapat terbantukan dari dana desa yang ada,” pungkasnya.