Pemprov-Bali-Targetkan-Kemandirian-Pangan

Kundur News – Denpasar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menargetkan untuk mampu mewujudkan kemandirian pangan di Bali. Berbagai upaya diklaim telah dilakukan untuk mewujudkan target kemandirian pangan tersebut. Target tersebut disampaikan Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Bali Drh. I Wayan Mardiana,MM dalam orasinya pada Podium Bali Bebas Bicara Apa Saja (PB3AS) di Denpasar, Minggu (27/8).

Mardiana mengungkapkan untuk mewujudkan ketahanan pangan di  Bali, telah dilaksanakan sejumlah program. Salah satu program yaitu  pengembangan kawasan mandiri pangan di sejumlah desa antara lain Subagan, Tumbu dan Tegallinggah.

Menurut Mardiana, Pemprov Bali  juga membentuk 22 kelompok pangan lestari. Lebih dari itu, Pemprov Bali juga mengintensifkan pembinaan bagi Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan memberi ruang bagi mereka untuk memasarkan produk.

“Setiap hari Jumat, kita buka toko tani di Kantor Dinas Ketahanan Pangan. Gapoktan binaan kita berikan subsidi,” ujarnya.

Mardiana juga mendorong masyarakat untuk mengoptimalkan pemanfaatan bahan pangan lokal. Masyarakat juga diharapkan mulai bangga menggunakan bahan pangan lokal.*