Gubernur Kepri, Ansar Ahmad
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad

KARIMUN – Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) se Provinsi Kepri mendapatkan keringanan dari Provinsi Kepri, berupa biaya rapid antigen secara gratis baik yang ikut seleksi di Provinsi maupun di seluruh Kabupaten Kota.

“Rapid antigen gratis tidak hanya diberikan yang ingin tes CPNS di lingkungan Pemprov Kepri, tapi juga untuk yang ingin test CPNS di tujuh Kabupaten dan Kota se Provinsi Kepri,” ujar Gubernur Kepri Ansar Ahmad kepada awak media melalui rilis yang dikirim, Sabtu (4/9).

Dikatakan Ansar, langkah menggratiskan biaya rapid antigen bagi peserta seleksi tes CPNS seluruh Provinsi Kepri, sebagai upaya mendukung kelancaran tes CPNS, serta bagian dari langkah proaktif pemerintah, dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 Provinsi Kepri.

Seperti diketahui, berdasarkan Surat Edaran (SE) nomor 7787/B-KS.04.01/SD/E/2021, tentang Jadwal SKD CPNS, Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru tahun 2021 dan Rekomendasi Ketua Satgas Covid-19. Maka pelaksanaan tes SKD CPNS tahun 2021 wajib dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat, salah satunya adalah setiap calon peserta test CPNS wajib menjalani rapid test.

“Oleh karena itu kebijakan Pemprov Kepri yang menyediakan rapid test antigen secara gratis, akan sangat membantu bagi peserta yang akan ikut test CPNS tersebut,” ucap Ansar.

Menurutnya, pelaksanaan test CPNS di Provinsi Kepri diharapkan berlangsung aman, lancar dan sehat. Sehingga atas dasar hal itu Pemprov Kepri menyediakan rapid antigen gratis bagi seluruh peserta tes CPNS di semua Kabupaten Kota dan formasi di Pemprov Kepri.

Rapid antigen gratis itu selain disediakan Pemprov Kepri, juga berasal dari bantuan Temasek Foundation Singapore.

Adapun pelaksanaan tes CPNS tergantung dari jadwal di semua Kabupaten Kota, sedangkan untuk pelaksanaan di lingkungan Pemprov Kepri akan berlangsung pada 15 September, dan diikuti sekitar 800 peserta.(*)