Penari-Yang-Mewakili-Kepri-Pada-Ajang-Tari-Anak-Nasional

Karimun – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, melalui Dinas kebudayaan Kepri, akan mengirimkan penari Junior ‘Mawar Tanjoeng’, sanggar asal Tanjungbatu Kundur, untuk mengikuti gelar Tari Anak Indonesia.

Ketua pembina Sanggar Mawar Tanjoeng, Reni Wahyudy, mengatakan, event Tari Anak Indonesia tersebut akan digelar pada 03 Oktober 2018 mendatang, yang akan diikuti penari-penari Junior se-Indonesia.

“Menurut rencana, even tari junior itu akan diikuti sebanyak 34 Provinsi se-Indonesia. Usia anak pada penari Juniorpun berusia maksimal 12 tahun, terhitung 01 Oktober 2018,” kata Reni.

Digelarnya Tari Anak Indonesia, diselenggarakan oleh Direktorat Kesenian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang akan digelar di Jakarta mulai 03 – 06 Oktober 2018 dengan tema ‘Tariku Indonesiaku’ dalam upaya meningkatkan kecintaan budaya sejak dini.

Terpilihnya Penari Junior sanggar Mawar Tanjoeng, diketahui sebelumnya telah mengikuti seleksi penari junior pada tingkat Kabupaten/Kota se-Kepri yang dilaksanakan di Tanjungpinang pada bulan Maret yang lalu. Sehingga mereka layak terpilih mewakili Provinsi Kepri untuk melaju ke ajang tingkat Nasional.

Penari Junior Sanggar Mawar Tanjoeng
Penari Junior Sanggar Mawar Tanjoeng

Reni, kata pembina sanggar itu lagi, dirinya beserta seluruh penari junior binaannya saat ini sedang terus berlatih mempersiapkan diri dalam menghadapi even bergengsi tersebut, sehingga nantinya dapat menyajikan hasil yang diharapkan demi nama Provinsi Kepulauan Riau.

“Saat ini kita hanya memberikan latihan-latihan ringan terhadap anak-anak, untuk menjaga kesehatan agar penari kita nantinya senantiasa dalam kondisi fit, karena sangat berkaitan dengan mental anak sebagai peserta. Isnyaallah kita usahakan untuk tampil yang terbaik, untuk itu juga, do’a dan restu masyarakat Kepri, masyarakat Karimun khususnya masyarakat Kundur, juga sangat kami harapkan, sehingga kita dapat tampil menyajikan yang terbaik,… Amiin,” harapnya.*

Lebih kurang 15 orang yang akan diberangkatkan, terdiri dari tiga penari laki-laki, tiga penari perempuan, empat pemusik dengan penata tari, serta penata musik dan penata busana dan official.*